Jokowi Groundbreaking PLTA di Kaltara, Pasok Listrik Industri Hijau

Andi M. Arief
1 Maret 2023, 12:05
Jokowi, plta, industri hijau
Youtube/Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo saat groundbreaking PLTA Mentarang di Kalimantan Utara, Kamis (1/3). Foto: Youtube/Sekretariat Presiden.

Presiden Joko Widodo memulai konstruksi Pembangkit Listrik Tenaga Air atau PLTA Mentarang Induk hari ini. PLTA tersebut dirancang sebagai salah satu sumber energi untuk  Kawasan Industri dan Pelabuhan Internasional atau KIPI di Kalimantan Utara.

Presiden Widodo menilai integrasi PLTA Mentarang dan KIPI bukan hal yang mudah. Pasalnya, jarak antara kedua lokasi tersebut mencapai sekitar 300 kilometer.

"Membutuhkan anggaran yang tidak kecil atau senilai US$ 2,6 miliar. Kalau dirupiahkan kira-kira Rp 40 triliun. Sebuah nilai yang sangat besar," kata Presiden Jokowi dalam saluran resmi Sekretariat Presiden, Rabu (1/3).

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengatakan pasokan energi dari PLTA Mentarang akan membuat barang yang diproduksi di KIPI makin kompetitif. Ini karena industri yang berada di KIPI akan menghasilakn produk hijau dengan emisi karbon yang rendah.

Namun Jokowi menargetkan konstruksi PLTA Mentarang akan lebih lama dibandingkan pembangunan KIPI. Sebagai informasi, KIPI ditargetkan mulai berproduksi pada awal 2024, sedangkan PLTA Mentarang baru dapat rampung pada 2029.

Pembangunan PLTA Mentarang merupakan konsorsium antara perusahaan lokal dan asal Malaysia, yakni PT Kayan Hydropower Nusantara. Secara rinci, Kayan Hydropower merupakan perusahaan patungan antara PT Kayan Patria Pratama dan Sarawak Energy Berhad.

"Saya lebih senang karena ini dikerjakan oleh konsorsium Indonesia dan Malaysia. Hal ini menunjukkan bahwa kita siap sebagai saudara serumpun betul-betul bisa bekerja sama," kata Jokowi.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...