Sidang Gugatan Pontjo Sutowo Atas Hotel Sultan, BPN Yakin Menang

Andi M. Arief
8 Maret 2023, 14:31
hotel sultan, pontjo sutowo, menteri atr
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Mobil melintas di depan Hotel Sultan di Kawasan Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Jumat (3/3/2023).

Sidang pertama gugatan Bos Hotel Sultan Pontjo Sutowo terhadap Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/ Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Hadi Tjahjanto sudah selesai. Agenda persidangan pertama hari ini di Pengadilan Tata Usaha Negara atau PTUN Jakarta adalah pemeriksaan persiapan.

Persidangan tersebut berlangsung secara tertutup. Pontjo terpantau diwakili oleh tiga kuasa hukumnya. Sementara itu, Menteri Hadi diwakili oleh kuasa hukumnya dan Direktur Penanganan Perkara Pertanahan Kementerian Agraria dan Tata Ruang Iljas Tedjo Prijono.

Persidangan dimulai pukul 10.00 WIB dan berlangsung sekitar 90 menit. Usai persidangan, kuasa hukum Pontjo enggan memberikan komentar terkait jalannya persidangan tersebut.

"Belum bisa komentar, kan masih persiapan. Masih banyak perbaikan," kata salah satu kuasa hukum Pontjo saat ditanya Katadata.co.id, Rabu (8/3).

Sementara itu, BPN optimistis dapat memenangkan gugatan yang dilayangkan oleh Pontjo. Pertimbangannya, isi gugatan yang dilayangkan Pontjo telah dimenangkan negara di Pengadilan Perdata Negeri Jakarta Selatan hingga tingkat Mahkamah Agung.

Materi gugatan tersebut juga telah mendapatkan permohonan Peninjauan Kembali atau PK hingga empat kali di Mahkamah Agung. Namun majelis hakim pada akhirnya memenangkan negara terkait materi gugatan tersebut.

"Kami yakin prosedurnya sesuai dengan ketentuan yang ada. Kami meyakini bahwa kami berada dalam pihak yang benar," kata Iljas kepada Katadata.co.id.

Materi gugatan yang dimaksud adalah Keputusan Kepala Badan Pertanahan Nasional No. 169/hpl/bpn/89 tentang Pemberian Hak Pengelolaan atas nama Sekretariat Negara Republik Indonesia cq Badan Pengelola Gelanggang Olah Raga Senayan pada 15 Agustus 1989. Beleid tersebut mengatur Hak Pengelolaan atau HPL tanah berdirinya Hotel Sultan merupakan milik negara.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...