Jokowi Resmikan Apartemen Milenial di Depok, Tersambung Stasiun KRL

Andi M. Arief
13 April 2023, 12:54
jokowi, apartemen, depok, krl
Youtube/Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo saat meresmikan hunian Samesta Mahata Margonda, Depok, Kamis (13/4). Foto: Youtube/Sekretariat Presiden.

Presiden Joko Widodo meresmikan  hunian milenial di Depok, yakni Samesta Mahata Margonda. Apartemen dengan total 940 unit tersebut langsung tersambung dengan Stasiun Pondok Cina.

Jokowi mendorong hunian vertikal khusus generasi milenial di seluruh kota besar. Menurutnya, hal tersebut penting agar kebutuhan atau backlog rumah untuk generasi milenial sebanyak 81 juta unit dapat diatasi.

Advertisement

Jokowi mengarahkan agar hunian vertikal khusus milenial dibangun di luar wilayah Jabodetabek, seperti Surabaya, Medan, Semarang, Bandung, dan Makassar. Secara rinci, hunian yang dimaksud Kepala Negara adalah pembangunan berorientasi transportasi umum atau TOD.

"Hunian yang terintegrasi dengan transportasi massa itu diperlukan, sehingga tidak semua orang pakai dan beli mobil dan menimbulkan kemacetan di mana-mana," kata Jokowi dalam saluran resmi Sekretariat Presiden, Kamis (13/4).

Apartemen Samasta Mahata Margonda menggunakan tanah PT Kereta Api Indonesia dan bekerja sama dengan PT Perumahan Nasional. Jokowi menilai posisi Samesta Mahata cukup strategis lantaran dekat dengan rumah sakit, universitas, dan pusat perbelanjaan.

Jokowi juga menilai harga per unit Samesta Mahata cukup terjangkau oleh generasi milenial. Menurutnya, harga per unit yang disubsidi pemerintah hanya sekitar Rp 200 juta, sedangkan harga unit non subsidi adalah Rp 300 juta sampai Rp 500 juta.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menyatakan banyak tanah milik KAI di pusat-pusat kota yang tidak dimanfaatkan. Jokowi menilai aset tersebut dapat digunakan sebagai modal pembangunan hunian vertikal khusus milenial lainnya.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement