Megawati Ungkap Isi Pertemuan Jokowi dan Ketum Parpol, Bahas Demografi

Ameidyo Daud Nasution
5 Mei 2023, 15:30
megawati, pdip, jokowi
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/nz
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Sukarnoputri melambaikan tangan usai silaturahmi partai koalisi pendukung pemerintah dengan Presiden Joko Widodo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (2/5/2023).

Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri membocorkan sedikit isi pertemuan para ketua umum parpol di Istana beberapa hari lalu. Megawati mengatakan hal yang dibahas Presiden Joko Widodo dengan para ketua umum partai soal bonus demografi.

Dalam pertemuan tersebut, Jokowi memaparkan prediksi sejumlah lembaga dan ahli bahwa puncak pertumbuhan penduduk Indonesia hanya 13 tahun lagi. Selama waktu tersebut, pembenahan perlu dilakukan agar RI bisa beranjak jadi negara maju.

"Saya dititipkan beliau agar menyampaikan hal ini di mana-mana," kata Mega dalam acara yang diselenggarakan Provinsi Bali seperti disiarkan dalam Youtube, Jumat (5/5).

Megawati mengatakan, beberapa negara seperti Jepang, Korea Selatan, hingga Cina mulai mengalami kondisi yang disebut piramida terbalik. Hasilnya, banyak orang berusia tua yang tidak lagi produktif.

"Sedangkan kita, dari tahun ini sampai 2036 adalah peak time menghasilkan demografi yang produktif," katanya.

Dia mengatakan usia produktif dalam hal ini adalah penduduk berumur 16 hingga 60 tahun. Makanya Jokowi berpesan agar bonus demografi itu harus dipacu agar menghasilkan produktifitas untuk negara.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...