Jokowi Bertemu Pengusaha Korsel, Bahas Mobil Listrik hingga IKN

Andi M. Arief
15 Mei 2023, 14:17
jokowi, ikn, korsel, mobil listrik
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/tom.
Presiden Joko Widodo menyampaikan pengarahan saat Pencanangan Pelaksanaan Sensus Pertanian Tahun 2023 di Istana Negara, Senin (15/5/2023).

Presiden Joko Widodo menemui 16 orang delegasi dari pemerintah Korea Selatan hari ini, Senin (15/5). Tujuan utama pertemuan tersebut adalah peningkatan hubungan kerja sama antara Indonesia dan Korea Selatan.

Menteri Investasi Bahlil Lahadalia mengatakan salah satu agenda pertemuan tersebut adalah peningkatan kerja sama sektor pertanian. Kepala Negara meminta pemerintah Negeri Ginseng untuk membuka keran impor buah-buahan dari Indonesia.

"Yang kedua meningkatkan neraca perdagangan antara Indonesia dan Korea Selatan," kata Bahlil di Istana Kepresidenan, Senin (15/5).

Di samping itu, Jokowi membahas investasi dari Korea Selatan di dalam negeri. Salah satu sektor investasi yang menjadi penekanan adalah kendaraan listrik.

Bahlil mengatakan Indonesia akan menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang dapat memproduksi baterai kendaraan listrik. Hal tersebut berkat investasi baterai dari LG dan Hyundai.

Bahlil mencatat kapasitas produksi baterai kendaraan listrik Indonesia pada 2024 dapat mencapai 10 gigawatt. Menurutnya, kapasitas produksi tersebut merupakan hasil pembangunan tahap pertama.

Selain itu, Bahlil menyampaikan perkembangan realisasi investasi lain dari Korea Selatan, seperti PT Lotte Chemical Indonesia dan PT KCC Glass Indonesia. Total investasi kedua pabrik tersebut mencapai lebih dari Rp 65 triliun.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...