Jokowi Belum Putuskan Menkominfo Definitif Pengganti Johnny Plate

Andi M. Arief
22 Mei 2023, 13:53
jokowi, mahfud, johnny plate
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/tom.
Presiden Joko Widodo (tengah) berbincang dengan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (kiri) dan Kepala BPS Margo Yuwono saat Pencanangan Pelaksanaan Sensus Pertanian Tahun 2023 di Istana Negara, Senin (15/5/2023).

Plt Menteri Komunikasi dan Informatika Mahfud MD telah menghadap Presiden Joko Widodo hari ini. Salah satu bahan diskusi antara Jokowi dan Mahfud adalah masa jabatan Mahfud sebagai Plt Menkominfo.

Mahfud saat ini juga menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan. Meski demikian, Jokowi belum memutuskan siapa yang akan menggantikan Johnny G Plate sebagai Menkominfo definitif selanjutnya.

"Tadi, Pak Presiden bilang tunggu saja sambil jalan. Pokoknya saya jalan dulu," kata Mahfud di Istana Kepresidenan, Senin (22/5).

Jokowi telah memberhentikan Johnny sebagai Menkominfo pada pekan lalu, Jumat (19/5).Hal tersebut tertuang dalam Keputusan Presiden No. 41/P Tahun 2023.

Dalam Keppres yang sama, Jokowi menunjuk Mahfud MD sebagai Pelaksana Tugas, Wewenang, dan Tanggung Jawab Menteri Komunikasi dan Informatika.

Menkominfo tinjau media center KTT ASEAN
Menkominfo tinjau media center KTT ASEAN (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/tom.)

"Dalam rangka meningkatkan efektifitas kinerja dan menjamin kelancaran tugas dan fungsi Kementerian Kominfo sampai pengangkatan Menkominfo definitif," seperti tertulis dalam Keppres tersebut.

Sebelumnya beredar kabar Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo akan menjadi Menkominfo definitif. Namun Hary mengatakan dirinya saat ini lebih memilih fokus membesarkan Perindo.

Sedangkan, Jokowi tidak memberikan jawaban pasti soal siapa Menkominfo definitif. Ia hanya mengatakan posisi posisi Johnny Plate digantikan Mahfud selaku Plt Menkominfo.

Jokowi mengatakan Kejaksaan Agung akan mengusut kasus dugaan korupsi BTS dengan adil. "Pasti profesional dan terbuka terhadap semua yang berkaitan dengan kasus itu," kata Jokowi di Landasan Udara Angkatan Udara TNI Halim Perdanakusuma, Jumat (19/5).


Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...