Risma Usai Kemensos Digeledah KPK: Saya Tak Pernah Kirim Bansos Barang

Andi M. Arief
24 Mei 2023, 15:37
kpk, risma, kemensos
ANTARA FOTO/Muhammad Izfaldi/YU
Menteri Sosial Tri Rismaharini (kiri depan) didampingi Bupati Kabupaten Bengkulu Utara Mian (kedua kiri) memberikan keterangan kepada wartawan di Kantor Desa Giri Kencana, Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu, Selasa (09/5/2023).

Menteri Sosial Tri Rismaharini menekankan Kementerian Sosial tidak pernah memberikan bantuan sosial dalam bentuk barang sejak akhir 2020. Menurutnya, hal tersebut merupakan arahan Presiden Joko Widodo saat dilantik pada Desember 2020.

Pernyataan tersebut disampaikan setelah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah kantor Kementerian Sosial pada Selasa (23/5). Penggeledahan tersebut terkait dengan kasus korupsi bansos 2020.

Advertisement

Risma mengatakan bansos beras pada 2021 maupun bansos minyak goreng pada 2022 disalurkan dalam bentuk uang tunai. Menurutnya, penyaluran bansos dengan uang tunai mempermudah pemerintah melakukan pengawasan distribusi.

"Kalau dalam bentuk barang, pasti pengawasannya lebih rumit dan akan habis waktu saya untuk pengawasan ini," kata Risma seperti ditayangkan di Kompas TV, Rabu (24/5).

Selain itu, Risma menilai bantuan sosial dalam bentuk barang harus memperhatikan jumlah dan kualitas barang tersebut. Risma mencatat beberapa bansos yang telah diberikan pada masanya adalah bansos kenaikan harga BBM, bansos minyak goreng hingga bansos beras.

Setiap bansos tersebut berbentuk uang tunai yang diantarkan oleh PT Pos Indonesia maupun transfer dana melalui bank pelat merah. Risma mengatakan bansos tunai menyederhanakan tugas Kemensos mengawal program daripada mengawasi distribusi.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement