Di Depan Megawati, Jokowi Janji Hapus Kemiskinan Ekstrem Tahun Depan

Andi M. Arief
6 Juni 2023, 15:06
jokowi, megawati, kemiskinan
PDI Perjuangan
Presiden Joko Widodo, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat Rakernas III PDIP di Jakarta, Selasa (6/6). Foto: PDIP.

Presiden Joko Widodo optimistis dapat mengentaskan kemiskinan ekstrem pada tahun depan. Hal tersebut disampaikannya saat konferensi pers bersama Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri di sela-sela Rapat Kerja Nasional III PDIP hari ini.

Sebagai informasi, angka masyarakat yang masuk dalam golongan kemiskinan ekstrem saat ini lebih dari 6 juta jiwa. Jokowi menjanjikan rasio kemiskinan ekstrem bisa ditekan hingga nol persen.

Jokowi mengakui proses pengentasan kemiskinan ekstrem terhambat oleh pandemi Covid-19 sekitar 2,5 tahun. Walau demikian, Kepala Negara yakin dapat meniadakan masyarakat yang masuk kelompok kemiskinan ekstrem pada masa pemerintahannya.

"Saya masih meyakini kemiskinan ekstrem itu pada 2024 akan turun drastis, karena nama dan alamat sudah ada semuanya," kata Jokowi di Sekolah Partai PDIP, Selasa (6/6).

Jokowi mengatakan penyelesaian isu kemiskinan ekstrem dapat rampung jika pemerintah fokus. Apalagi anggaran bantuan sosial kerap menduduki peringkat kedua dalam daftar pos anggaran terbesar Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara selama pemerintahannya.

Secara rinci, pemerintah menyiapkan dana bantuan sosial hingga Rp 470 triliun pada tahun ini. Sementara itu, anggaran pembangunan infrastruktur mencapai Rp 392 triliun sepanjang 2023.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...