Kaisar Jepang Naruhito Kunjungi Indonesia, Akan Bertemu Jokowi

Ameidyo Daud Nasution
17 Juni 2023, 19:42
Jepang, Kaisar jepang, Kaisar naruhito
Kementerian PUPR
Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako saat tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Banten, Sabtu (17/6). Foto: Kementerian PUPR.

Kaisar Jepang Naruhito dan Permaisuri Masako tiba di Indonesia hari ini. Ini merupakan kunjungan pertama Kaisar Naruhito ke Indonesia sejak naik takhta pada 1 Mei 2019 lalu.

Kaisar Naruhito disambut oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono di Bandara Soekarno-Hatta, Banten, Sabtu (17/6). Adapun, Naruhito akan berada di Indonesia hingga Jumat (23/6).

Sejumlah kegiatan menanti Kaisar Naruhito dan Putri Masako selama enam hari ke depan. Pada Senin ((18/6), ia akan mengunjungi depo Moda Raya Terpadu (MRT) dan Waduk Pluit di Jakarta.

Keesokan harinya, Kaisar akan bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Bogor. Kedatangan Kaisar Naruhito merupakan undangan langsung dari Jokowi.

"Kaisar Naruhito akan mengikuti Upacara Penyambutan di Istana Bogor dan melakukan audiensi dengan Presiden Joko Widodo," demikian bunyi keterangan tertulis Kementerian PUPR, Sabtu (17/6).

Pada Selasa (20/6), Kaisar Naruhito akan berkunjung ke Taman Makam Pahlawan Kalibata untuk mengikuti upacara peletakan karangan bunga. Setelah itu ia akan mengunjungi Museum Nasional, Universitas Darma Persada, dan SMK Mitra Industri MM2100.

Hari Rabu (21/6), Kaisar akan ke Yogyakarta untuk mengunjungi Balai Teknik Sabo. Balai ini berada di bawah Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR. untuk mengembangkan hingga sertifikasi di bidang sabo.

Di hari yang sama, Kaisar Naruhito akan menghadiri jamuan makan bersama Sultan Hamengku Buwono X di Istana Keraton Yogyakarta. Keesokan harinya, Kaisar akan mengunjungi Candi Borobudur dan bertolak lagi ke Jakarta pada sore hari.

"Kaisar Naruhito akan kembali ke Jepang pada 23 Juni 2023," demikian keterangan tertulis Kementerian PUPR.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...