Cegah Golput, Pengusaha Beri Insentif Diskon Hingga 50%

ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Ilustrasi diskon: Pengunjung melintas didepan poster promosi diskon salah satu toko di Grand Indonesia.
Penulis: Michael Reily
15/4/2019, 16.20 WIB

Mendekati Pilpres 2019, ratusan pengusaha menggelar program KlingKing Fun, yakni pesta diskon anti golongan putih yang akan diselenggarakan pada 17 April 2019. Program KlingKing Fun menawarkan diskon hingga 50% yang ditawarkan 250 merek lebih dari berbagai sektor seperti fesyen, makanan-minuman, sinema, elektronik, kesehatan, hingga kecantikan.

Ketua Dewan Pertimbangan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofjan Wanandi menyatakan, pengusaha ingin masyarakat merayakan pesta demokrasi. Oleh karena itu, para pengusaha menciptakan insentif bagi masyarakat yang menggunakan hak pilihnya, dalam bentuk pemberian diskon. Pemilih yang telah menggunakan hak pilihnya tinggal datang ke gerai dan menunjukkan bekas tinta pada jari kelingking.

Insentif menurutnya penting, sebab pelaksanaan Pilpres 2019 berada pada tanggal yang cukup dekat dengan libur akhir pekan yang panjang. Dikhawatirkan, ada potensi masyarakat yang enggan menggunakan hak pilihnya dan mengambil cuti untuk melakukan perjalanan jarak jauh, untuk berlibur. Selain iotu, KlingKing Fun dikatakan Sofjan juga memiliki tujuan supaya masyarakat bisa gembira setelah masa kampanye yang penuh tekanan.

(Baca: Wiranto Pastikan Tak Ada Eksodus WNI Jelang Pilpres 2019)

"Kita merasakan segala macam informasi tentang Pilpres 2019 serta hoax yang di media sosial cukup membuat stres," kata Sofjan di Jakarta, Senin (15/4).

Pengurus Dewan Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) Fetty Kwartati menjelaskan, diskon yang diberikan lewat program KlinKing Fun ini bervariasi, tergantung setiap merek serta jaringan distribusi retail. Para pemilik merek mengaku ingin kontribusi terhadap perekonomian.

Program KlinKing Fun menurutnya bukan hanya untuk mengincar peningkatan penjualan pada tanggal 17 April 2019. Tetapi juga ajakan partisipasi terlepas dari nomor berapa yang kita dipilih oleh masyarakat.

Beberapa merek yang ikut dalam diskon untuk pesta demokrasi adalah Sogo, Seibu, Wacoal, Sushi Tei, Alfamart, Cinema XXI, ACE Hardware, Electronic City, serta masih banyak lagi. Sebagai Head of Corporate Communication Mitra Adi Perkasa (MAP), Fetty mengaku Starbucks bakal menyiapkan minuman khusus.

Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf menambahkan, program KlingKing Fun juga berlaku untuk kampanye produk dalam negeri. Sehingga, toko-toko nasional - kecil atau besar, bisa terangkat serta menyeimbangkan neraca perdagangan global.

Triawan juga meminta supaya pesta diskon antigolongan putih bisa memacu masyarakat untuk melupakan ketegangan perbedaan pendapat. "Kami ingin gairah perdagangan kembali normal sehingga setiap pihak bisa fokus untuk mengejar indikator pertumbuhan ekonomi," ujarnya.

Ia menyebutkan, total pemilih yang punya hak dalam pemilihan umum mencapai 192 juta orang. Sehingga, setidaknya 153,6 juta penduduk bisa terpacu secara sukarela untuk menentukan pilihan pada Pilpres 2019 mendatang.

(Baca: Soal Pemilu Ulang di Sydney, KPU Tunggu Keterangan PPLN dan Bawaslu)

Reporter: Michael Reily