PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk., berhasil mencapai tingkat ketepatan waktu (on time performance/OTP) nyaris sempurna dengan persentase hingga 93,83 persen. Ini terjadi pada hari pertama operasional penerbangan internasional Garuda di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, Tangerang, Senin, (1/5). 

Vice President (VP) Corporate Communications Garuda Indonesia Benny S. Butarbutar mengatakan pencapaian ini berkat koordinasi intensif oleh Garuda dan pihak PT Angkasa Pura II (persero) serta jajaran terkait. Apalagi persiapan perpindahan layanan operasional ke terminal 3 sudah dilakukan sejak November 2016 lalu.

"Kemudian kami tindaklanjuti dengan melakukan simulasi dan uji coba operasional yang kami lakukan seintensif mungkin guna meminimalisir kendala yang mungkin dihadapi di lapangan," ujar Benny melalui keterangan resminya, Jakarta, Selasa (2/5). (Baca: Garuda Hapus Pos Direktur Operasi Agar Fokus Integrasi Bisnis)

Sebelum penerbangan perdana dari terminal 3, Garuda telah menyelesaikan sejumlah simulasi sebagai syarat untuk memperoleh kelayakan operasional. Hal ini sejalan dengan pernyataan Kementerian Perhubungan agar Garuda menyelesaikan proses verifikasi administrasi dan teknis serta evaluasi simulasi operasi pelayanan dan kesisteman.

Manajemen Garuda optimistis bisa mempertahankan capaian kinerja operasionalnya ke depan. Benny menjelaskan, secara keseluruhan operasional OTP Garuda Indonesai di Terminal 3 baik untuk penerbangan domestik dan internasional berhasil mencatatkan tingkat OTP sebesar 90.48 persen. Adapun total jumlah penumpang untuk penerbangan internasional mencapai lebih dari 3.200 penumpang pada penerbangan internasional perdana.

(Baca: Sambut Mudik 2017, Garuda Tambah 45 Ribu Kursi Penerbangan)

Untuk terus mempertahankan kinerjanya, Garuda bersama dengan Angkasa Pura II membentuk tim monitoring bersama. Tim ini akan akan memastikan operasional penerbangan di terminal 3 internasional berjalan lancar. Untuk mendukung kelancaran arus penumpang (flow passenger), Garuda juga menyiapkan sedikitnya 50 personil Family Assistance Center (FAC) yang dikoordinasikan bersama dengan Angkasa Pura II.

Selain itu, Garuda dan pihak Angkasa Pura II juga menyiapkan jasa layanan shuttle bus untuk menunjang kelancaran perpindahan penumpang di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta tersebut. Garuda juga mengimbau agar penumpang dapat hadir lebih awal untuk mengantisipasi penyesuaian flow layanan penumpang di terminal baru.

(Baca: Rini Tantang Bos Baru Garuda Bikin Paket Wisata Menarik)