Batal di Situbondo, Pembangunan Kilang Minyak Tetap di Tuban

KATADATA
Kilang Minyak
13/12/2018, 19.35 WIB

Rencana pembangunan kilang minyak di Situbondo akhirnya batal. Kilang minyak bumi baru yang akan dibangun PT Pertamina (Persero) ini akan tetap dibangun di lokasi awal yakni Tuban, Jawa Timur.

Batalnya, pembangunan kilang minyak di Situbondo setelah melalui tahap kajian menyeluruh. “Kilang minyak Tuban tidak pindah lokasi, tetap,” kata Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arcandra Tahar, Kamis (13/12).

Tuban tetap terpilih menjadi lokasi pembangunan kilang karena di sana sudah tersedia aset, seperti petrokimia. Dengan begitu, kilang minyak itu bisa diintegrasikan petrokimia, sehingga memberikan nilai tambah.

Keberadaan industri petrokimia juga bisa menjawab tantangan perkembangan mobil listrik yang saat ini mulai terjadi. "Kilang harus bisa jadi fleksibel. Jadi shifting mobil listrik tidak masalah karena desain kilangnya diubah menjadi petrokimia," kata dia.

Menurut Arcandra, saat ini Pertamina masih berupaya untuk melakukan pembebasan lahan di Tuban. Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati pernah mengatakan pembebasan lahan yang dibutuhkan untuk pembangunan Kilang Tuban berkisar 800 hektare.

Pembebasan lahan ini masih jadi kendala. Lahan tersebut sebagian merupakan lahan milik Kementerian Lingkungan Hidup seluas 350 hektar, dan sisanya milik masyarakat.

Halaman: