Makin Banyak Orang Berwisata, Pemesanan Penginapan OYO Tumbuh 90%
Seiring arus perjalanan yang kembali normal setelah surutnya pandemi Covid-19, sektor pariwisata kembali menunjukkan pertumbuhan positif. Pariwisata kembali tumbuh seiring meningkatnya minat masyarakat untuk berwisata dan melakukan perjalanan bisnis.
Pertumbuhan pariwisata salah satunya terlihat dari melonjaknya pemesanan penginapan OYO yang mencapai 90% pada Mei hingga November 2022. Indonesia merupakan salah satu pasar paling strategis bagi OYO.
"Setelah menghadapi berbagai tantangan karena pandemi Covid-19, kami optimis dengan pertumbuhan OYO kedepan, terutama melihat kebangkitan industri pariwisata saat ini," ujar Global CBO & CEO, Southeast Asia and Middle East OYO, Ankit Tandon yang dikutip dalam keterangan resmi, Selasa (20/12).
Ankit mengatakan OYO bakal memaksimalkan momentum untuk memperluas pasar. OYO akan meningkatkan properti penginapan OYO secara keseluruhan termasuk properti penginapan premium, serta meningkatkan dukungan terhadap Patron dan tamu.
Pencapaian positif pada pertumbuhan pemesanan pada OYO turut didorong tren liburan dan perjalanan pada momentum hari besar, seperti Hari Raya Idul Fitri dan Hari Kemerdekaan RI. Tercatat pada Mei 2022, momen libur Idul Fitri mampu meningkatkan pemesanan penginapan OYO sebesar 82% dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu.
Sementara itu, pertumbuhan pemesanan berlanjut pada libur panjang Hari Kemerdekaan RI di Agustus 2022, dengan berhasil mencapai pertumbuhan pemesanan hingga 72% jika dibandingkan tahun lalu.
Selain itu, kota-kota wisata yang menjadi pilihan destinasi favorit para wisatawan untuk berlibur adalah Bandung, Bali, Yogyakarta, Malang, dan Lampung dengan berkontribusi dalam pertumbuhan pemesanan sebesar 114% pada Mei hingga November 2022 jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.
Tak hanya itu, kota-kota pusat bisnis seperti Jakarta, Tangerang, Surabaya, Bekasi dan Medan pun turut mencatatkan pertumbuhan pemesanan rata-rata 52% pada periode yang sama.
Untuk kembali membangkitkan industri akomodasi di Indonesia, OYO telah meluncurkan berbagai produk dan layanan dalam beberapa bulan terakhir.
Salah satunya, yakni fitur Co-OYO yang dapat membantu Patron, mitra properti OYO dalam memberikan penawaran promosi untuk meningkatkan jumlah pengunjung dan memaksimalkan pendapatannya; OYO360, fitur self-onboarding berbasis Artificial Intelligence atau AI, yang memberikan langkah sederhana bagi pemilik properti yang ingin mendaftar menjadi mitra OYO dengan mudah.
Tak hanya bagi Patron, OYO juga terus memperkuat inovasi layanan pelanggan melalui program OYO Wizard, layanan keanggotaan bagi pelanggan setia OYO.