Pariwisata Pulih, Garuda Tambah Frekuensi Penerbangan di Lima Rute Ini

Selain menambah frekuensi penerbangan, Garuda Indonesia juga membuka rute baru Denpasar-Makassar bulan ini.
Andi M. Arief
5 Oktober 2022, 14:02
Maskapai Garuda Indonesia diberi simbol kehormatan water canon saat tiba di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali
Garuda Indonesia
Maskapai Garuda Indonesia diberi simbol kehormatan water canon saat tiba di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali

PT Garuda Indonesia Tbk menambah frekuensi penerbangan di lima rute domestik. Hal tersebut dilakukan untuk memanfaatkan momentum pemulihan industri pariwisata nasional.

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, mengatakan penambahan frekuensi tersebut dilakukan secara bertahap melalui serangkaian evaluasi. Adapun, rute-rute yang mendapatkan penambahan frekuensi adalah yang berkontribusi positif terhadap kinerja keuangan Garuda Indonesia.

"Penambahan frekuensi penerbangan ini menjadi bentuk komitmen kami sebagai national flag carrier untuk memastikan konektivitas udara bagi masyarakat dapat terpenuhi dengan baik khususnya jelang  periode peak season akhir tahun nanti," kata Irfan dalam keterangan resmi, Rabu (5/10).

Irfan menyampaikan, penambahan frekuensi tersebut akan berdampak positif pada proyeksi kinerja keuangan emiten penerbangan berkode GIAA ini. Agar penambahan frekuensi berjalan mulus, Irfan berencana untuk mengoptimalkan ketersediaan armadanya.

Advertisement

Irfan berencana untuk menambah armada Garuda Indonesia melalui intensifikasi program restorasi armada. "Kami akan terus mengakselerasi pertumbuhan kinerja kami melalui penyelarasan basis kapasitas alat produksi dengan demand pasar yang terus tumbuh secara konsisten di tengah berbagai langkah percepatan penanganan pandemi,” kata Irfan.

Garuda Indonesia tercatat akan menambah frekuensi lima rute domestik dan menambah satu rute domestik baru.

Lima rute yang frekuesi penerbangannya bertambah tersebut adalah:

1. Jakarta - Tanjung Pinang

Fekuensi  penerbangan rute Jakarta - Tanjung Pinang ditambah dari dua kali per minggu menjadi lima kali per minggu. Penambahan frekuensi tersebut telah dilakukan sejak 2 Oktober 2022.

2. Jakarta-Bengkulu

Garuda Indonesia  juga telah menambah frekuensi penerbangan Jakarta - Bengkulu dari tiga kali per minggu menjadi 5 kali per minggu. Kebijakan tersebut telah dimulai sejak 2 Oktober 2022.

3. Jakarta-Lampung

Garuda Indonesia juga telah mulai melayani penerbangan Jakarta - Lampung pada setiap hari sejak 24 September 2022.

4. Jakarta - Palangkaraya

Pada 14 Oktober 2022, Garuda Indonesia akan mulai menambah frekuensi rute Jakarta - Palangkaraya menjadi empat kali per minggu.

5. Jakarta-Malang

Rute Jakarta - Malang akan dilayani menjadi tiga kali per minggu mulai 17 Oktober 2022.

Rute penerbangan baru Garuda

Di sisi lain, Garuda Indonesia akan menambah rute penerbangan domestik mulai akhir pekan ini, yakni Makassar-Denpasar PP. Garuda Indonesia akan melayani rute Makassar - Denpasar PP tiga kali seminggu, yakni pada Rabu, Jumat, dan Minggu. Jumlah kursi maksimal per penerbangan mencapai 162 kursi dengan pesawat Boeing 737-800 Next Generation.

Pesawat GIAA akan lepas landas dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin pada pukul 18.30 WITA. Adapun, waktu kedatangan di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai adalah 20.05 WITA.

Sementara itu, penerbangan dari Denpasar akan dilakukan pada 20.50 WITA, sedangkan waktu kedatangan di Makassar adalah 22.15 WITA.

Pada 2021, total penumpang grup Garuda Indonesia mencapai 10,96 juta orang. Secara rinci, total penumpang pesawat Citilink mencapai 7,52 juta, sementara itu Garuda Indonesia sebanyak 3,44 juta.

Adapun, penumpang Garuda Indonesia pada 2021 didominasi oleh penerbangan domestik hingga 96,8% atau sebanyak 3,33 juta orang. Jumlah penumpang penerbangan internasional hanya sekitar 110.000 orang.

Dalam 10 tahun terakhir jumlah penumpang pesawat Garuda Indonesia mencapai puncaknya pada 2018, yakni sebanyak 38,44 juta orang. Sedangkan, jumlah penumpang maskapai ini paling sedikit pada 2020 yakni 10,81 juta orang.

Reporter: Andi M. Arief
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait