H-2 sebelum pergantian tahun 2023 ke 2024, Jumat (29/12) KCIC memberangkatkan sekitar 20 ribu penumpang Kereta Cepat Whoosh.
Sementara sekitar 16.500 tiket juga telah dipesan untuk jadwal keberangkatan hari Sabtu (30/12) ini. Jumlah tersebut masih akan mengalami peningkatan mengingat penjualan tiket untuk keberangkatan hingga malam nanti masih berlangsung.
General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengatakan, secara total sejak dimulainya masa Nataru pada 22 Desember, Whoosh telah melayani sebanyak 156 ribu penumpang dengan rute yang menjadi favorit adalah Halim - Padalarang pulang pergi (pp) dan diikuti dengan Halim - Tegalluar pp.
Adapun untuk jam keberangkatan yang menjadi favorit penumpang adalah keberangkatan di pagi hari mulai dari pukul 7 sampai 10 pagi dan sore hari mulai pukul 15 sampai malam hari.
"KCIC terus mengantisipasi tingginya minat penumpang yang berlibur menggunakan Whoosh dengan melakukan penambahan perjalanan sebesar 20% dari 40 menjadi 48 perjalanan per hari," ujar Eva dalam keterangan resmi, Sabtu (30/12).
Sejak dimulai pada 22 Desember 2023, KCIC telah mengoperasikan sebanyak total 384 perjalanan Whoosh untuk melayani seluruh penumpang. Di mana 194 perjalanan dari Halim dan 194 perjalanan menuju Halim.
Penambahan jumlah perjalanan tersebut dilakukan hingga 2 Januari 2024. Hal tersebut dikarenakan, peningkatan jumlah penumpang Whoosh diprediksi terus terjadi selama berlangsungnya libut natal dan tahun baru 2024.
Agar seluruh kereta Whoosh pada masa libur akhir beroperasi dengan aman, KCIC terus melakukan pemantauan melalui berbagai sensor dan CCTV untuk memantau kondisi jalur kereta cepat dan pagar pembatas. Serta kawat berduri di sepanjang jalur kereta cepat yang telah dipasang tetap dalam kondisi baik.
Sejumlah petugas pengamanan secara berkala juga melakukan patroli lapangan melalui kolaborasi bersama TNI Polri, serta melakukan sosialisasi keselamatan secara rutin ke masyarakat.
KCIC mengajak masyarakat agar merencanakan perjalanannya dengan baik, namun untuk mempermudah penumpang yang ingin melakukan pembatalan tiket. Saat ini KCIC juga telah menambah petugas di loket sehingga pelayanan di stasiun dapat lebih cepat dan nyaman.
KCIC saat ini juga tengah mempersiapkan layanan pembatalan online melalui aplikasi yang nantinya akan memberikan kemudahan bagi para penumpang Whoosh yang ingin menunda perjalanannya.
"Fasilitas lainnya yang dapat memberikan kenyamanan untuk penumpang juga terus dikembangkan. Saat ini selain 94 UMKM kuliner, sejumlah tenan komersial di Stasiun Kereta Cepat Halim juga mulai beroperasi di momen libur akhir tahun," kata Eva.