Israel Bombardir Iran, Bagaimana Nasib Fasilitas Minyak dan Nuklir?

Antara/Anadolu
Serangan udara Israel ke Lebanon Selatan
26/10/2024, 12.21 WIB

Israel melancarkan serangan udara ke tiga lokasi militer Iran pada Sabtu pagi (26/10). Negara tersebut mengklaim ini merupakan serangan balasan atas serangan Iran beberapa pekan lalu.

Serangan terdiri dari tiga gelombang dan terjadi sebelum fajar waktu setempat. Beberapa jam kemudian, Israel mengatakan serangannya telah selesai dan tujuannya tercapai, tetapi kantor berita semi-resmi Iran bersumpah akan memberikan "reaksi yang sepadan" terhadap tindakan Israel terhadap Teheran.

Dikutip dari Reuters, Sabtu (26/10), Iran mengatakan sistem pertahanan udaranya berhasil menangkal serangan Israel terhadap target militer di provinsi Teheran, Khuzestan, dan Ilam dengan "kerusakan terbatas" di beberapa lokasi.

Timur Tengah telah gelisah menunggu balasan Israel atas serangan rudal balistik yang dilakukan oleh Iran pada tanggal 1 Oktober, di mana sekitar 200 rudal ditembakkan ke Israel dan satu orang tewas di Tepi Barat. Ketegangan antara musuh bebuyutan Israel dan Iran telah meningkat sejak Hamas, kelompok militan Palestina yang didukung Iran yang berbasis di Gaza, menyerang Israel pada tanggal 7 Oktober 2023. Israel melakukan serangan balasan yang menewaskan puluhan ribu orang Palestina.

Kekhawatiran bahwa Iran dan AS akan terseret ke dalam perang regional telah meningkat dengan semakin intensifnya serangan Israel terhadap Hizbullah sejak bulan lalu, termasuk serangan udara di ibu kota Lebanon, Beirut, dan operasi darat, serta perangnya yang telah berlangsung selama setahun di Gaza.

"Menanggapi serangan terus-menerus selama berbulan-bulan dari rezim di Iran terhadap Negara Israel – saat ini Pasukan Pertahanan Israel tengah melancarkan serangan tepat sasaran terhadap target militer di Iran," kata militer Israel dalam sebuah pernyataan yang mengumumkan serangan tersebut.

AS Sebut Israel Tidak Targetkan Minyak dan Nuklir

Presiden AS Joe Biden telah memperingatkan bahwa negaranya, yang merupakan pendukung utama dan pemasok senjata Israel, tidak akan menyetujui serangan terhadap situs nuklir Teheran. Biden mengatakan, Israel harus mempertimbangkan alternatif selain menyerang ladang minyak Iran.

Seorang pejabat senior Biden mengatakan "serangan yang ditargetkan dan proporsional" Israel seharusnya menjadi akhir dari pertukaran tembakan langsung antara kedua negara. Namun AS sepenuhnya siap untuk sekali lagi membela Israel jika Iran memilih untuk menanggapi.

Penerbangan Dibatalkan

Seorang juru bicara Organisasi Penerbangan Sipil Iran mengatakan penerbangan di semua rute dibatalkan hingga pemberitahuan lebih lanjut, tulis kantor berita negara IRNA melaporkan. Negara tetangga Irak juga menangguhkan semua penerbangan hingga pemberitahuan lebih lanjut, kata kantor berita negaranya.

Israel menargetkan beberapa lokasi militer di wilayah tengah dan selatan Suriah dengan serangan udara pada Sabtu pagi, kantor berita negara Suriah SANA melaporkan. Israel belum mengkonfirmasi serangan terhadap Suriah.