5 Cara Eksfoliasi Wajah dengan Bahan Alami

Pexels/Polina Kovaleva
Ilustrasi, penggunaan bubuk kopi sebagai cara eksfoliasi wajah dengan bahan alami
Editor: Intan
27/10/2022, 06.09 WIB

Menggunakan produk eksfoliasi termasuk bagian penting dari perawatan kulit. Tetapi, beberapa orang mungkin khawatir tentang kerasnya sejumlah bahan kimia yang terkandung dalam produk eksfoliasi.

Untungnya, ada cara untuk eksfoliasi kulit secara alami, termasuk membuat eksfoliator wajah alami sendiri di rumah. Produk eksfoliasi tidak harus mahal. Faktanya, banyak produk alami yang mungkin sudah Anda miliki di dapur.

Melansir Healthline, berikut ragam cara eksfoliasi wajah dengan bahan alami.

Cara Eksfoliasi Wajah dengan Bahan Alami

Cara eksfoliasi wajah dengan bahan alami dilakukan sebagai berikut.

1. Bubuk soda kue

Soda kue dapat digunakan sebagai cara eksfoliasi wajah dengan bahan alami. Soda kue termasuk bahan lembut untuk membantu kulit yang bertekstur. Selain itu, soda kue dapat membantu mengelola minyak pada kulit, sehingga cocok untuk kulit berminyak.

Gunakan dua sendok makan soda kue dengan dua sendok teh madu, satu sendok makan gel lidah buaya, setengah sendok teh minyak vitamin E dan dua tetes minyak pohon teh. Oleskan campuran tersebut ke kulit yang bersih, pijat lembut di seluruh wajah dengan gerakan melingkar.

Diamkan wajah selama beberapa menit, kemudian gunakan air hangat untuk membilasnya dan mengoleskan pelembab wajah.

2. Oatmeal giling

Oatmeal dapat digunakan sebagai cara eksfoliasi wajah dengan bahan alami karena mengandung senyawa beta-glukan yang sangat bagus untuk menenangkan kulit.

Cukup giling secangkir oatmeal menjadi bubuk halus dan campurkan dengan isi dua kantong teh chamomile, setengah cangkir minyak kelapa atau jojoba, setengah cangkir minyak biji anggur dan satu sendok makan gula merah

Oleskan ke kulit sebelum membilasnya dan keringkan dengan handuk dengan menepuk wajah secara lembut.

3. Gula pasir

Gula merupakan bahan alami untuk eksfoliasi kulit yang bermanfaat untuk membantu menghilangkan kulit mati. Gula juga membantu meremajakan kulit dengan membersihkan semua kotoran dari pori-pori kulit.

Dengan semua kulit mati dan kotoran dihilangkan, kulit tampak lebih bercahaya sehat. Gula pasir biasa, gula merah atau gula organik dapat digunakan sesuai kebutuhan. Cukup campurkan secangkir gula dengan secangkir minyak kelapa.

Anda dapat menambahkan kulit jeruk dari lemon, limau, jeruk atau grapefruit jika Anda suka, atau tambahkan sedikit vanila. Minyak atsiri juga merupakan pilihan yang bagus agar menambah nutrisi bagi kulit.

4. Kopi bubuk

Cara eksfoliasi wajah dengan bahan alami dilakukan dengan menggunakan kopi bubuk. Caranya, tambahkan satu sendok teh kopi bubuk dan satu sendok teh minyak kelapa, zaitun atau jojoba.

Tambahkan pula setengah sendok teh madu, seperempat sendok teh ekstrak vanila dan satu sendok teh gula putih yang ditumbuk halus. Gunakan pada wajah dan pijat perlahan kemudian bilas dengan air hangat.

5. Kacang almond giling

Almond kaya akan antioksidan dan vitamin E yang bermanfaat untuk kulit. Almond juga bermanfaat untuk mengelupas sel-sel kulit mati, riasan, kotoran dan debu yang menumpuk pada wajah.

Agar tidak menyebabkan komedo dan pori-pori tersumbat, gunakan kacang almond giling sebagai cara eksfoliasi wajah dengan bahan alami. Ambil setengah cangkir kacang almond giling dan tambahkan dua sendok makan madu.

Tuang beberapa tetes susu lalu aduk hingga rata. Gunakan pada wajah dengan menggosok kulit secara lembut. Bilas wajah dengan air dingin dan keringkan.

Manfaat Eksfoliasi Wajah

Adapun manfaat eksfoliasi wajah meliputi:

  • Mencegah pori-pori tersumbat.
  • Mencegah jerawat.
  • Membantu produk perawatan kulit lainnya meresap optimal.
  • Meratakan warna kulit.
  • Meningkatkan sirkulasi dan drainase limfatik.
  • Meningkatkan pergantian sel.
  • Merangsang sintesis kolagen.

Demikian ragam cara eksfoliasi wajah dengan bahan alami.