13 Manfaat Oatmeal untuk Kesehatan dan Kecantikan

Oatmeal merupakan makanan sehat yang kaya nutrisi. Maka tak heran jika manfaat oatmeal sangat beragam, baik untuk kesehatan atau kecantikan.
Image title
18 September 2021, 19:02
manfaat oatmeal
pixabay.com
Oatmeal merupakan makanan sehat yang kaya manfaat

Mendengar kata makanan sehat mungkin sebagian dari kita mengingat oatmeal. Makanan kaya serat ini memang sudah lama dijadikan alternatif sumber karbohidrat selain nasi. Mediakom.kemenkes.go.id, menjelasakan bahwa oat atau havermut merupakan makanan sehat yang berasal dari tumbuhan serelia.

Makanan ini mengandung karbohidrat dan serat yang tinggi. Pengolahan oat menjadi bulir oat utuh dilakukan dengan cara pemanggangan dengan suhu rendah. Proses tersebut membuat enzim pada oat menjadi aktif.

Banyak orang mengkonsumsi oat saat tengah menjalankan program diet. Namun sebenarnya manfaat oat sangatlah beragam. Bahkan oat bisa digunakan untuk merawat wajah agar tetap sehat cantik.

Kandungan Oatmeal

Manfaat yang dimiliki oat tidak lepas dari kandungan nutrisi yang ada didalamnya. Mengutip dari alodokter.com, diketahui dalam 78 gram oat kering ada kurang lebih 300 kalori. Selain itu ada juga kandungan nutrisi lain seperti karbohidrat, serat, lemak, protein, mangan, fosfor, magnesium, tembaga, zat besi, zinc, vitamin B1, dan vitamin B5.

Pada laman hellosehat.com, juga dijelaskan bahwa kandungan nutrisi yang ada di dalam secangkir oat antara lain; air, energi, protein, karbohidrat, lemak total, kalsium, serat, gula, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, zinc, natrium, vitamin B6, vitamin E, vitamin K, dan asam lemak tak jenuh.

Manfaat Oatmeal untuk Kesehatan

Kandungan gizi yang ada di dalam oat membuat makanan ini baik untuk dikonsumsi karena menghadirkan beragam manfaat. Berdasarkan penjelasan di alodokter dan hellosehat.com, manfaat oatmeal untuk kesehatana antara lain;

1. Mencegah risiko obesitas

Oatmeal bermanfaat untuk menjaga berat badan ideal. Manfaat oatmeal untuk diet karena makanan ini bisa memberikan rasa kenyang lebih lama. Hal tersebut dikarenakan oatmeal kaya air dan serat larut. Mengkonsumsi oat juga bisa menurunkan kalori tubuh.

2. Mencegah penyakit jantung

Kandungan serat memiliki kemampuan menurunkan kolesterol jahat dan kolesterol total. Selain itu, oat juga mengandung antioksidan yang bisa menurunkan tekanan darah dengan cepat. Ketika kolesterol dan tekanan darah terkontrol maka penyakit jantung bisa dicegah.

3. Menjaga kadar gula darah

Manfaat oatmeal lainnya yang bisa menjaga kadar gula darah di dalam tubuh. Oat memiliki beta glucan yang membuat gula tidak mudah terserap. Maka dari itu, oat ini bisa menjadi pilihan makanan sehat untuk penderita diabetes.

4. Merawat pencernaan

Serat yang ada didalam oat berperan dalam meningkatkan bakteri baik di dalam saluran pencernaan. Sehingga gangguan pencernaan seperti sembelit, diare, dan iritasi pada usus besar bisa dihindari. Dinkes.kekarkab.go.id, juga menyejalaskan bahwa oat juga baik untuk penderita asam lambung.

Manfaat oat untuk asam lambung ini karena ada kandungan serat yang tinggi. Diet tinggi serat diketahui bisa menurunkan risiko asam lambung.

5. Menurunkan kolesterol

Oatmeal juga bisa menjadi makanan untuk menurunkan kolesterol. Kandungan beta glucan di dalam oat yang membuatnya bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat.

6. Mencegah risiko asma

Penyakit asma biasanya menimpa pada anak-anak. Namun ternyata konsumsi oat bisa mencegah risiko asma. Penelitian yang dilakukan penelitian dari National Institue of Health and Welfare di Helsinki, Finlandia menyebutkan bahwa konsumsi oatmeal sebelum anak berusia 5 tahun bisa mencegah asma dan rhintis alergi.

Manfaat Oatmeal untuk Wajah

Selain menjadi pilihan makanan sehat, oatmeal juga bisa digunakan sebagai masker untuk merawat wajah. Mengutip dari sehatq.com, berikut beberapa manfaat oatmeal untuk wajah.

1. Membuat kulit lebih lembap

Oatmeal memiliki kemampuan untuk mengangkat sel kulit mati dan memberikan kelembapan alami untuk wajah. Beta glucan yang ada di oatmeal bisa membuat permukaan kulit menjadi lebih halus.

2. Mencerahkan kulit secara alami

Manfaat oatmeal selanjutnya yaitu bisa digunakan untuk eskfoliasi dan membuat kulit lebih cerah. Oatmeal memiliki asam laktat dan asam glikolat yang baik untuk merawat kulit. Anda bisa mencampurkan oat dengan madu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Mengatasi masalah jerawat

Masker oatmeal juga bisa digunakan untuk mengatasi jerawat. Kandungan antioksidan di dalam oat berperan penting sebagai anti radang. Oat juga mengandung mineral yang bisa mengontrol hormon penyebab jerawat.

Sama seperti poin sebelumnya, Anda juga bisa menggunakan oat dengn madu untuk mengatasi masalah jerawat di wajah.

4. Membersihkan kulit sampai ke pori-pori

Kotoran yang terperangkap di dalam pori-pori kulit dapat menyebabkan masalah seperti komedo dan jerawat. Maka dari itu, penting untuk membersihkan pori-pori kulit. Sayangnya bagian ini  sangat sulit dilakukan.

Tapi tenang saja, karena oatmeal ternyata bisa membersihkan pori-pori kulit. Kandungan saponin di oat membuat sel kulti mati dan seluruh kotoran di pori-pori terangkat. Dengan demikian kulit akan lebih halus.

5. Mengurangi minyak berlebih

Minyak berlebih bisa menyebabkan jerawat. Maka dari itu perlu untuk mengurangi produksi minyak berlebih. Oatmeal bisa digunakan untuk mengurangi minyak berlebih secara alami. Penggunaan secara rutin akan membuat kulit menjadi lebih sehat.

6. Melindungi kulit dari sinar UV

Manfaat oatmeal selanjutnya yaitu bisa menjaga kulit dari paparan sinar UV. Kandungan lemak baik di dalam oatmeal yang memberikan perlindungan lebih pada kulit. Anda bisa menggunakan kulit bersama madu untuk mendapatkan perlindungan yang maksimal.

7. Mencegah penuaan dini

Tanda penuaan dini seperti kerutan dan flek hitam tentu saja akan menggangu penampilan. Untuk mencegah munculnya tanda-tanda tersebut, Anda bisa menggunakan masker dari bahan oatmeal. Masker dari bahan alami ini memiliki kandungan asam amino yang bisa memicu produksi kolagen. Dengan demikian kulit akan lebih elastis dan tanda penuaan bisa dicegah.

Apakah Oatmeal Bolah untuk MPASI?

MPASI atau makanan pendamping ASI biasanya diberikan setelah anak berusia lebih dari 6 bulan. Setiap orang tua pasti ingin memberikan nutrisi terbaik bagi buah hatinya. Namun apakah oatmeal yang kaya nutrisi boleh untuk MPASI?

Menurut penjelasan di alodokter.com, manfaat oatmeal ternyata baik untuk bayi. Hal tersebut karena oat mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan anak. Meskipun demikian, Anda tidak boleh sembarangan memberikan oatmeal sebagai MPASI.

Pastikan mengecek terlebih dahulu kandungan oat tersebut. Dan pastikan anak Anda tidak memiliki alergi terhadap oat. Di web telemedicine tersebut juga dijelaskan bahwa kandungan protein pada oat bisa saja menyebabkan alergi.

Jika setelah konsumsi oat, ada tanda gejala seperti ruam, gatal, atau gejala alergi lainnya sebaiknya hentikan konsumsi oat. Dan segeralah berkonsultasi dengan dokter anak.

Pastikan juga oat yang digunakan untuk MPASI tidak lebih dari 1 tahun. Lebih baik membeli oat dalam kemasan kecil, agar tidak terlalu banyak terbuang.

Cara Mengolah Oatemal Sehat dan Lezat

Bagi yang tidak terbiasa dengan makanan sehat ini mungkin akan merasa aneh ketika pertama kali mencobanya. Padahal makanan ini bisa saja diolah menjadi makanan lezat tanpa mengurangi kandungan gizinya.

Lantas bagaimana cara mengolah oatmeal agar tetap sehat dan lezat? Melansir dari hellosehat.com, berikut ini cara-caranya;

1. Diolah menjadi bubur

Cara pertama yang bisa dipilih yaitu dengan mengolah oat menjadi bubur. Campurkan oat dengan susu atau air, dan garam. Masak seperti saat membuat bubur berasa. Jika ingin tambahan lauk, Anda bisa menambahkan potongan daging ayam.

Selain dengan dimasak langsung, bubur oat juga bisa dibuat dengan cara seduh. Cukup tambahkan air panas sedikit demi sedikit sampai mendapatkan kekentalan seperti bubur. Anda bisa menambahkan kacang-kacangan, bubuk kayu manis, buah beri, atau yoghurt agar rasanya semakin lengkap.

2. Diolah menjadi roti atau cake

Oatmeal ternyata bisa diolah menjadi roti atau cake. Makanan sehat ini bisa dimanfaatkan untuk mengganti tepung terigu. Anda bisa menghaluskan terlebih dahulu oat hingga berbentuk tepung. Lalu tambahkan bahan-bahan lain sesuai selera. Namun tetap menghitung jumlah kalori dalam pembuatan cake atau roti tersebut agar tidak berlebihan.

3. Smoothie oatmeal

Olahan oat lainnya yang sehat dan lezat yaitu smoothie. Anda bisa mencampurkan oat dengan pisan, buah beri, atau buah-buahan lain sesuai selera. Kemudian haluskan seluruh bahan tersebut. Minuman sehat ini cocok untuk dikonsumsi kapan saja.

Itulah beberapa manfaat oatmeal dan cara mengolahnya. Meskipun bergizi, namun konsumsi oat juga harus diimbangi dengan sumber makanan sehat lainnya agar nutrisi harian tetap terpenuhi. Agar tidak bosan, Anda juga bisa mencoba inovasi untuk mengolah makanan tersebut.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait