Garap RDMP, Pertamina Targetkan Kapasitas Kilang Balikpapan Naik 38%

Arief Kamaludin | Katadata
PT Pertamina menargetkan kapasitas Kilang Balikpapan akan naik sekitar 38% seiring dengan proses pengembangannya atau RDMP.
23/7/2019, 14.40 WIB

PT Pertamina menargetkan kapasitas Kilang Balikpapan akan naik sekitar 38%. Hal ini menyusul berjalannya proyek pengembangan kilang atau refinery development master plan (RDMP).

Direktur Megaproyek Pengolahan dan Petrokimia Ignatius Tallulembang, menyebut kilang yang berada di Kalimantan Timur ini kapasitasnya akan naik dari 260 juta barel per hari (MBSPD) menjadi 360 MBSPD.

Dengan adanya peningkatan ini, maka volume produk yang dihasilkan pun bertambah. Seperti produksi gasoline sebanyak 100 ribu barel per hari (KBPD), diesel 30 KBPD, elpiji 1.500 ton per hari (TPD), dan produk propylene sebanyak 230 kilo ton per tahun (KTPA).

"Peningkatan produk hasil dari Kilang Balikpapan ini tentunya akan menambah ketahanan dalam mencukupi kebutuhan energi nasional, penguatan devisa negara dan produk domestik bruto (PDB) nasional," katanya seperti dikutip berdasarkan keterangan tertulis, Selasa (23/7).

RDMP Balikpapan merupakan satu dari proyek pengembangan dan peningkatan kapasitas kilang yang dilakukan Pertamina. Bukan hanya menambah kapasitas, namun produk yang dihasilkan juga akan memiliki standar EURO V.

Selain itu, kompleksitas kilang juga akan bertambah sehingga bisa menghasilkan produk-produk yang memiliki nilai jual lebih tinggi dan bisa mengolah minyak mentah dengan kandungan sulfur lebih tinggi.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan