Bangun Kilang, Pertamina Dapat Pinjaman US$ 1,5 M dari Eximbank Korsel

Penulis: Verda Nano Setiawan

Editor: Ekarina

4/7/2019, 14.35 WIB

PT Pertamina (Persero) dan Eximbank Korea Selatan sepakat meneken Framework Agreement (FA) senilai US$ 1,5 milliar untuk proyek-proyek Pertamina.

Pertamina Eximbank Korsel, Pinjaman Korsel Kilang Balikpapan, kilang pertamina
Katadata | Dok.
Ilustrasi Kilang Pertamina

Pertamina dan Eximbank Korea Selatan menandatangani Framework Agreement untuk pembiayaan sebesar US$ 1,5 milliar. Pembiayaan guna mendukung beberapa proyek seperti modernisasi dan pembangunan kilang atau Refinery Development Masterplan Program (RDMP) dan New Grass Root Refinery (NGRR).

Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman menuturkan, kesepakatan tersebut merupakan kelanjutan dari kerja sama dengan beberapa mitra dari Korea Selatan seperti Hyundai dan SK yang tergabung dalam Joint Operation (JO) pekerjaan EPC RDMP Balikpapan.

“Dengan adanya framework agreement ini diharapkan akan semakin mempermudah kerja sama yang melibatkan mitra potensial lain dari Korea Selatan, terutama dalam proyek RDMP Balikpapan,” ujar Fahriyah dalam keterangan tertulis, Kamis (4/7).

(Baca: Pertamina Tawarkan Kerja Sama Baru Kilang Cilacap ke Saudi Aramco)

Kerja sama tersebut diharapkan bermanfaat bagi kedua belah pihak. Perseroan  berkomitmen menjamin ketersediaan, aksesibilitas serta keterjangkauan
energi nasional.

“Dengan kerja sama yang erat antara Pertamina dengan berbagai mitra pembiayaan dari Korea Selatan akan semakin memperkuat pelaksanaan proyek RDMP Balikpapan sesuai dengan target yang ditetapkan,” ujarnya.

Penandatanganan Framework Agreement dilakukan oleh Direktur Keuangan Pertamina Pahala N. Mansury dan CEO Eximbank (Kexim) Eun Sung-Soo di sela-sela pertemuan 2019 Pertnership Forum - Oil and Gas Downstream Indonesia, di Seoul, Korea Selatan, Selasa (2/7).

(Baca: Pertagas dan Petro Muba Kerja Sama Kembangkan Kilang LPG)

Sebagai kelanjutan dari penandatangan kerja sama tersebut, Pertamina dan Kexim juga menggelar acara Vendor Day pada 2-3 Juli 2019. Kegiatan yang menggandeng pelaku usaha bidang konstruksi dari Indonesia dan Korea ini berhasil menarik sekitar 250 orang dari 38 perusahaan Indonesia dan 60 perusahaan Korea. Dari kegiatan ini diharapkan ada kolaborasi kerja sama antara vendor dari kedua negara.

Dengan mempertemukan pelaku usaha dari kedua belah pihak, Pertamina juga berharap dapat mendukung program tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) dalam pengembangan project RDMP Balikpapan.

Reporter: Verda Nano Setiawan

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha