Sebagai bahasa internasional, bahasa Inggris digunakan dalam berbagai bidang pekerjaan. Apabila sebuah lowongan kerja mencantumkan syarat kemampuan bahasa Inggris, maka surat lamaran dan curriculum vitae atau CV sebaiknya ditulis dalam bahasa Inggris.
Daftar riwayat hidup atau CV adalah ringkasan karier, kualifikasi, dan pendidikan seseorang. Membuat CV dalam bahasa Inggris dapat menunjukkan kemampuan bahasa asing kepada perekrut sehingga dapat menambah nilai.
Selain itu, membuat CV bahasa Inggris merupakan cara untuk menampilkan keunggulan dan menarik perusahaan, terutama yang bertaraf multinasional. Tetapi, pastikan untuk selalu cek tata bahasa dan memahaminya agar dapat dipertanggungjawabkan apabila dipanggil untuk wawancara.
Perbedaan CV dan Resume
Mengutip Preply, CV dan resume merupakan dokumen yang sama di mayoritas negara Eropa dan Australia. Jumlah halamannya sekitar satu hingga dua. Tetapi, di Amerika Serikat, CV dan resume dianggap berbeda.
Dokumen CV di AS isinya lebih banyak dan merinci semua karir dan pengalaman akademis. Mulai dari sertifikat dan penghargaan hingga keanggotaan, pidato konferensi, dan publikasi. Bagi kandidat dengan banyak pengalaman, CV lebih cocok dan biasanya berjumlah lebih dari dua halaman.
Resume biasanya berjumlah satu halaman dan hanya menyoroti kualifikasi yang relevan untuk posisi tertentu. Resume lebih sering digunakan untuk melamar pekerjaan di perusahaan. Sedangkan CV biasanya digunakan saat melamar posisi akademis atau penelitian.
Struktur Penulisan CV Bahasa Inggris
Berikut struktur penulisan CV bahasa Inggris.
- Contact Information (Info Alamat).
- Personal Information (Biodata Diri).
- Work Experience (Pengalaman Kerja).
- Education (Riwayat pendidikan).
- Training and Courses (Pelatihan dan Kursus).
- Professional Qualifications (Keterampilan dan Keahlian).
- Awards (Prestasi).
- Publications (Publikasi).
- Professional Membership (Keanggotaan Profesional).
- Interests (Hobi).
Simak penerapan struktur dalam contoh CV bahasa Inggris berikut.
1. Contoh CV Bahasa Inggris
Curriculum Vitae
CONTACT INFORMATION
Name: Widya Cantika, S.E.
Home address: Jalan Bunga No. 145, Papringan, Yogyakarta
Telephone: 081234567890
Email: widya_c@email.com
PERSONAL INFORMATION
Place/Date of Birth: Yogyakarta, July 17th 1994
Citizenship: Indonesian
Sex: Female
Marital status: Single
Religion: Islam
WORK EXPERIENCE
2015 - 2016 — Assistant Lecturer, Faculty of Economics and Business, Gadjah Mada University
- Provide economics lectures
- Assist professors with research activities
- Guide students with homework and research activities
2017 - 2018 — Staf Keuangan, PT Sukamaju Sejahtera
- Responsible for the day-to-day tasks in a financial department
- Entry data into the system
- Preparing a balance sheet and updating financial records
2018 - 2019 — Junior Data Analyst, PT Sentosa Jayaprima
- Analyzing data using statistical techniques and providing reports.
- Developing and implementing databases and data collection systems.
- Acquiring data from primary and secondary sources and maintain data systems.
2019 - Now — Data Analyst, PT Makmur Abadi
- Analyzing data using statistical techniques and providing reports.
- Developing and implementing databases and data collection systems.
- Acquiring data from primary and secondary sources and maintain data systems.
- Identifying, analyzing, and interpreting trends or patterns in complex data sets.
EDUCATION
2012-2017 — Bachelor in Economics, Faculty of Economics and Business, Gadjah Mada University
2009-2012 — SMA Negeri 3 Yogyakarta
2006-2009 — SMP Negeri 4 Yogyakarta
2000-2006 — SD Negeri 2 Yogyakarta
TRAINING AND COURSES
2021 — Data Science for Business Course, Harvard Business School
2020 — Google Data Analytics Certificate
2018 — Intro to Data Analysis, Udacity
PROFESSIONAL QUALIFICATIONS
- Program: Tableau, Microsoft Excel, Microsoft Power BI
- Skills: Mathematics, analytics, methodical and logical approach, data interpretation.
- Language: Bahasa Indonesia, English
AWARDS
2018 — 1st Winner in National Economy Writing Contest
PUBLICATIONS
Bachelor Thesis
2017 — “Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi Terhadap Harga Saham”
INTEREST
Reading, economy, data science, investment, business, writing, watching movies
2. Contoh CV Bahasa Inggris Baik dan Benar
3. Contoh CV Bahasa Inggris Sederhana
4. Contoh CV Bahasa Inggris Modern
5. Contoh CV Bahasa Inggris Pekerjaan Dokter
6. Contoh CV Bahasa Inggris
7. Contoh CV Bahasa Inggris Kreatif
8. Contoh CV Bahasa Inggris Desainer
9. Contoh CV Bahasa Inggris Web Desainer
Tips Menulis CV Bahasa Inggris
Simak tips menulis CV bahasa Inggris agar perusahaan tertarik.
1. Sertakan detail kontak di bagian pembuka
CV harus mencakup semua detail kontak Anda. Ini termasuk nama, alamat, email, dan nomor telepon. Tujuannya adalah mempermudah perusahaan agar dapat menghubungi Anda. Gunakan alamat email yang profesional untuk membuat kesan yang baik.
2. Cantumkan fakta yang sepenuhnya benar
Jika Anda adalah masih belajar bahasa Inggris, jelaskan di CV Anda. Fokus pada kemauan kuat untuk belajar dan keinginan untuk berprestasi. Jangan pernah menulis sesuatu yang tidak benar. Perusahaan mengharapkan Anda untuk jujur tentang isi CV karena Anda akan mewakili perusahaan dan tim mereka
3. Soroti kualifikasi, keterampilan, dan pendidikan
Kualifikasi dan pendidikan harus dibagi menjadi dua bagian terpisah. Bagian pendidikan harus mencantumkan di mana Anda bersekolah, tahun lulus, dan gelar. Jika baru lulus atau fresh graduates, sertakan informasi tentang IPK. Jika sudah cukup lama bekerja secara profesional, letakkan bagian pendidikan setelah bagian pengalaman kerja.
4. Gunakan frasa yang meningkatkan kualitas
Menggunakan frasa sederhana namun spesifik dapat meningkatkan kualitas CV dan membuat CV berkualitas meski masih belajar bahasa Inggris. Dengan menggunakan frasa ini, Anda menekankan apa yang Anda kuasai dan bidang yang telah Anda kerjakan.
5. Pelajari kosakata yang bagus untuk lamaran pekerjaan dan wawancara
Siapkan kosakata yang sesuai dengan pengalaman kerja dan diri Anda. Pahami setiap kata dan berlatih untuk mengucapkannya untuk mengantisipasi kemungkinan wawancara menggunakan bahasa Inggris.
6. Hindari informasi yang tidak relevan
Cantumkan informasi yang sesuai dengan deskripsi pekerjaan. Jangan memberi informasi yang tidak relevan karena terkesan bertele-tele. Namun, jika Anda seorang lulusan baru, informasi yang tidak relevan dapat dicantumkan untuk memberi penjelasan tentang keseharian Anda.
Demikian berbagai contoh CV beserta struktur penulisan dan tips yang dapat menarik perusahaan.