Memahami Ragam Cara Membatalkan Tiket Kereta Api

ANTARA FOTO/Galih Pradipta/tom.
Ilustrasi, petugas memeriksa tiket penumpang kereta api sebelum memasuki ruang tunggu.
Editor: Agung
18/7/2022, 10.39 WIB

Cara membatalkan tiket kereta api menjadi salah satu informasi yang banyak dicari. Penyebabnya, masih banyak orang yang belum memahami alur pembatalan tiket kereta.

Pembatalan tiket kereta api memang bisa terjadi karena beberapa sebab. Misalnya, jika ada keperluan mendesak, atau acara di tempat tujuan dibatalkan, atau jika sang pemilik tiket ternyata teridentifikasi positif Covid-19 setelah melakukan tes antigen.

Cara membatalkan tiket kereta api tergolong mudah. Sebab, kini pembatalan tiket kereta api bisa dilakukan dalam sejumlah bentuk, dari yang konvensional mendatangi langsung stasiun hingga menggunakan aplikasi KAI, telpon atau WhatsApp.

Seperti apa cara membatalkan tiket kereta api dari beberapa kanal tersebut? Simak ulasan singkat berikut ini.

Cara Membatalkan Tiket Kereta Api

Seperti telah disebutkan sebelumnya, untuk membatalkan tiket kereta api bisa dilakukan dari beberapa kanal. Seperti langsung menggunakan aplikasi KAI Access, atau menggunakan aplikasi WhatsApp.

1. Membatalkan Tiket via KAI Access

Cara membatalkan tiket kereta api melalui KAI Access dapat dilakukan dengan beberapa langkah berikut.

  • Pemohon pembatalan adalah penumpang yang bersangkutan atau salah satu penumpang yang data dirinya telah terdaftar pada aplikasi KAI Access serta menggunakan akun KAI Access pemohon.
  • Pembatalan tiket melalui KAI Access dapat dilakukan selambat-lambatnya 3 jam sebelum Kereta Api berangkat dan kode booking yang dimiliki berstatus Paid serta belum dicetak sebagai boarding pass. Jika lewat dari waktu tersebut maka pembatalan dilakukan di loket stasiun online pembatalan.
  • Untuk pembatalan tiket dikenakan pengembalian bea sebesar 25% dari harga tiket dan di luar biaya pemesanan.
  • Pengembalian bea hanya melalui skema transfer bank. Pengembalian bea dapat dikirimkan ke rekening salah satu penumpang yang ada di dalam kode booking tiket yang dibatalkan. Nama dan nomor rekening bank yang diinput harus sesuai dengan nama dan nomor pada buku rekening bank.
  • Apabila terdapat kesalahan input nama atau nomor rekening bank oleh pelanggan maka proses pembatalan akan ditolak secara sistem dan penumpang dapat melakukan pengambilan tunai di loket stasiun yang ditentukan setelah mendapatkan pemberitahuan melalui SMS blast.
  • Pembatalan secara online juga dapat dilakukan apabila pembelian sebelumnya melalui situs online selain aplikasi KAI Access dan kodebooking dapat masuk ke menu My Trip dan nama yang terdapat di dalam tiket terdaftar sebagai user KAI Access.
  • Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Contact Center (021) 121 atau surat elektronik ke alamat cs@kai.id.

2. Membatalkan Tiket Kereta Api via WhatsApp

Selain melalui aplikasi KAI Access, cara membatalkan tiket kereta api juga bisa dilakukan melalui aplikasi WhatsApp. Aplikasi ini sejatinya merupakan aplikasi bertukar pesan. Namun, keberadaannya dewasa ini juga dimanfaatkan untuk pelayanan pelanggan oleh beberapa perusahaan, termasuk PT Kereta Api Indonesia.

Cara membatalkan tiket kereta api melalui aplikasi WhatsApp dapat dilakukan melalui beberapa langkah berikut.

  • Penumpang harus menyertakan kode booking, identitas diri dan hasil positif rapid test antigen/ T- PCR.
  • Pembatalan dapat dilakukan melalui Whatsapp Contact Center 121 pada nomor 0811-1211-1121.
  • Pengajuan pembatalan paling lambat dilakukan pada H+14 dari tanggal keberangkatan di tiket.
  • Pengembalian akan dilakukan secara penuh 100% (di luar bea pesan).
  • Pengembalian bea dengan skema transfer 14 hari dari tanggal proses pembatalan.

Cara Membatalkan Tiket Kereta Api Berkaitan dengan Covid-19

Dua cara yang telah disebutkan, merupakan cara kanal pembatalan tiket kereta api secara umum. Sementara, cara membatalkan tiket kereta api berkaitan dengan Covid-19 sedikit berbeda.

Pasalnya, membatalkan tiket kereta api karena adanya indikasi positif Covid-19 tidak bisa dilakukan melalui aplikasi KAI Access. Berikut ini, cara membatalkan tiket kereta api berkaitan dengan Covid-19.

1. Penumpang dengan Hasil Rapid Test Positif

Jika calon penumpang yang hendak berangkat ternyata positif Covid-19, yang didapatkan melalui hasil rapid test, maka cara membatalkan tiket kereta api dapat dilakukan dengan langkah berikut ini.

  • Penumpang dapat melakukan pembatalan tiket di contact center 121 via WhatsApp 0811-1211-1121 dan loket stasiun, paling lambat h+7.
  • Penumpang mendapat hak tiket kembali penuh 100 %.
  • Pengembalian bea atas pembatalan di contact center 121 via WhatsApp 0811-1211-1121 dengan skema transfer 1 x 24 jam dari tanggal proses pembatalan.
  • Pengembalian bea atas pembatalan di loket stasiun.
  • Proses pembatalan wajib diwakilkan.
  • Wajib melampirkan surat kuasa bermeterai dari pemilik tiket kepada yang dikuasakan untuk melakukan pembatalan.
  • Wakil penumpang menunjukkan bukti identitas asli pemilik tiket dan menyerahkan fotokopi bukti identitas asli pemilik tiket.
  • Dalam hal tiket yang dibatalkan lebih dari satu penumpang namun dengan kode booking yang sama maka fotokopi bukti identitas dan atau surat kuasa pembatalan yang dilampirkan cukup salah satu dari penumpang dimaksud.
  • Pengembalian bea langsung tunai.

2. Penumpang Tanpa Sertifikat Vaksin Usia di Bawah 6 Tahun Tanpa Pendamping

Cara membatalkan tiket kereta api bagi penumpang kereta api berusia di bawah 6 tahun yang tidak memiliki sertifikat vaksin, dan tanpa pendamping adalah sebagai berikut.

  • Pembatalan dapat dilakukan di loket stasiun atau contact center 121 via WhatsApp 0811-1211-1121.
  • Proses pembatalan paling lambat h+3.
  • Dana tiket kembali penuh 100 %.
  • Pengembalian bea atas pembatalan di loket stasiun langsung tunai dan di contact center 121 via WhatsApp 0811-1211-1121, dengan skema transfer 1 x 24 jam dari tanggal proses pembatalan.

3. Penumpang dengan Suhu Badan 37,3 Derajat Celcius ke Atas

Bagi penumpang kereta api yang sebelumnya sudah memiliki sertifikat vaksin, serta memiliki surat negatif Covid-19 melalui rapid test atau tes antigen, tetap bisa batal berangkat.

Sebab, sesuai protokol kesehatan yang diterapkan pemerintah, seluruh calon penumpang harus diukur suhunya sebelum memasuki area boarding. Jika ditemukan adanya penumpang yang memiliki suhu tubuh 37,3 derajat celcius (oC), maka tidak diizinkan untuk naik ke kereta.

Terkait dengan hal tersebut, maka cara membatalkan tiket kereta api dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  • Proses pembatalan hanya dapat dilakukan di loket stasiun.
  • Proses pembatalan dilakukan mulai 3 jam sebelum keberangkatan kereta api dan paling lambat sebelum keberangkatan kereta api.
  • Pengembalian bea langsung tunai kembali penuh 100%.