PDIP Ungkap Alasan Tak Undang Bos Partai Lain di Puncak HUT Hari Ini

ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/tom.
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (kiri) berbincang dengan Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Puan Maharani (kanan) saat paripurna pertama dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) II PDI Perjuangan di Jakarta, Selasa (21/6/2022).
Penulis: Ira Guslina Sufa
10/1/2023, 07.17 WIB

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) hari ini Selasa (10/1) memperingati puncak hari lahir partai ke-50. Namun, PDIP tak mengundang pimpinan partai politik lain untuk hadir di puncak peringatan ulang tahun emas ini. 

Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Politik Puan Maharani menyampaikan partai sengaja tidak mengundang pimpinan partai lain atas alasan internal. Puan pun meminta maaf pada para pimpinan partai lainnya yang tak ikut diundang.  

"Ini karena hari ulang tahun PDI Perjuangan yang mana angka 50 itu kan susah. Baru 50 tahun lagi akan terjadi, jadi kami meminta maaf kepada seluruh ketua umum partai politik,” ucap Puan Senin (9/1). 

Kegiatan puncak harlah ke-50 PDIP akan berlangsung di JIExpo Kemayoran Jakarta, Menurut Puan, perjalanan PDIP menyentuh usia ke-50 bukanlah langkah yang mudah, sehingga Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri memutuskan agar HUT ke-50 digelar khusus untuk internal.  

Puan mengatakan, Megawati berharap seluruh kader partai berlambang banteng moncong putih itu hadir pada HUT ke-50 di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Puan menyebut bahwa HUT ke-50, PDIP juga akan menyiapkan langkah menyambut Pemilu 2024.

Mengenai tidak adanya undangan bagi parpol lain di HUT ke-50 itu, Puan berjanji akan mengundang parpol di waktu yang akan datang. Namun, dia tak merinci terkait waktu, tempat dan partai politik mana saja yang akan diundang di rencana pertemuan tersebut.

Reporter: Ade Rosman