SBY Turun Gunung Kampanyekan Prabowo-Gibran, Fokus di Jawa

ANTARA FOTO/Anis Efizudin/nym.
Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (kanan) menyapa warga saat safari politik di Temanggung, Jawa Tengah, Selasa (16/1/2024).
25/1/2024, 14.32 WIB

Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) turun gunung untuk mengikuti kampanye Partai Demokrat menjelang waktu pencoblosan pemilu pada 14 Februari mendatang.

Selain berkampanye untuk Demokrat pada pemilihan legislatif, aksi turun gunung SBY juga untuk mendukung pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada Pilpres tahun ini.

Koordinator Juru Bicara Demokrat sekaligus Wakil Komandan Komunikasi Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Herzaky Mahendra Putra, menjelaskan pergerakan kampanye SBY akan fokus di Pulau Jawa.

"Tentu saja karena masalah waktu kampanye yang sangat terbatas, maka tentunya Pak SBY dengan mobilitasnya lebih memudahkan di Jawa," kata Herzaky lewat pesan suara WhatsApp pada Rabu (24/2).

Herzaky mengatakan nantinya SBY akan sering berada di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, DKI Jakarta, hingga Banten.  Kampanye SBY bakal lebih menyasar pada basis suara partai di Jawa, terutama di wilayah yang dipimpin kepala daerah dari Demokrat.

Dia menjelaskan basis suara partai dapat dilihat dari wilayah-wilayah yang anggota dewan di kabupaten dan kota mayoritas berasal dari Demokrat. "Kalau bicara mengenai spesifik kota atau kabupaten tidak bisa, ini bagian dari strategi," ujarnya.

Dia mengatakan, komitmen SBY bersama Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono untuk turun gunung dan aktif mengampanyekan Prabowo-Gibran merupakan upaya partai untuk kembali menjadi anggota koalisi pemerintahan.

Adapun pada Pemilu tahun ini, Demokrat mengincar 70 kursi Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) di Senayan. "Inilah jalan Demokrat untuk kembali ke pemerintahan. Sehingga kami totalitas," ujarnya.

Pada awal pekan ini, SBY bersama Agus Harimurti Yudhoyono melakukan kampanye terbuka di Alun-alun Kabupaten Karanganyar pada 22 Januari lalu. SBY mengajak hadirin untuk mendukung Prabowo-Gibran.

Partai Demokrat merupakan anggota Koalisi Indonesia Maju yang mengusung Prabowo-Gibran pada Pilpres 2024. "Masih banyak kantong-kantong suara Pak SBY yang bisa kami optimalkan untuk ikut mendukung Prabowo-Gibran," ujarnya.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu