Top News: Gelar Jenderal Kehormatan Prabowo, Spesifikasi Redmi Note 13

Katadata/Hufaz Muhammad
Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto menghadiri Acara Dialog Capres Bersama Kadin di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Jumat (12/1/2024).
28/2/2024, 05.35 WIB

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menganugerahkan kenaikan pangkat Jenderal Kehormatan (HOR) kepada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Hal ini akan membuat Prabowo mendapatkan kenaikan pangkat, dari sebelumnya Letnan Jenderal atau bintang tiga.

Prabowo bukan tokoh pertama yang mendapatkan anugerah semacam ini. Setidaknya terdapat tujuh Jenderal TNI yang sebelumnya pernah mendapatkan gelar kehormatan. Salah satunya merupakan Presiden Indonesia ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono.

Gelar kehormatan untuk Prabowo menjadi salah satu artikel terpopuler, dan menjadi bagian dari Top News Katadata.co.id. Selain ini, simak juga bagaimana Menteri BUMN kembali melaporkan dugaan korupsi dana pensiun.

Berikut Top News Katadata.co.id:

1. Prabowo Diangkat Jadi Jenderal Kehormatan, Susul SBY hingga Luhut

Presiden Joko Widodo bakal menganugerahkan kenaikan pangkat Jenderal Kehormatan (HOR) bagi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto pada Rabu (28/12). Ini berarti pangkat Prabowo yang tadinya Letnan Jenderal atau bintang tiga akan naik.

Juru Bicara Kementerian Pertahanan, Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan gelar ini didapatkan Prabowo karena kontribusi di dunia militer.

“Oleh sebab itu, Pak Prabowo diputuskan, diusulkan oleh Mabes TNI kepada presiden untuk diberikan jenderal penuh.” kata Dahnil.

Prabowo bukanlah yang pertama, paling tidak mencatat sudah ada tujuh Jenderal TNI yang mendapat gelar kehormatan. Salah satu di antaranya adalah Presiden Indonesia ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono.

2. Erick Thohir Laporkan Dugaan Korupsi Pengelolaan Dua Dapen ke Kejagung

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir kembali melaporkan dugaan korupsi pengelolaan dana pensiun (dapen) oleh dua korporasi negara ke Kejaksaan Agung.

Pelaporan baru tersebut menambah daftar dapen BUMN yang bermasalah, sehingga total menjadi sembilan dapen.

Laporan dugaan korupsi pengelolaan dana pensiun itu disampaikan Erick pada Senin (26/2). “Lagi dipelajari lagi," ujar Erick seperti dikutip Selasa (27/2).

Erick menyampaikan, pelaporan baru tersebut menambah daftar dapen BUMN yang bermasalah, sehingga total menjadi sembilan dapen.

3. Dirilis Besok, Ini Bocoran Harga Redmi Note 13 Pro, Pro 5G, Pro+ 5G

Xiaomi akan meluncurkan smartphone Redmi Note 13 Series di Indonesia pada Rabu (28/2). Berikut bocoran spesifikasi dan harganya.

Ponsel Redmi Note 13 Series akan terdiri dari Redmi Note 13, Redmi Note 13 5G, Redmi Note 13 Pro, Redmi Note 13 Pro 5G, dan Redmi Note 13 Pro+ 5G.

Kelima ponsel Xiaomi itu menawarkan baterai hingga 5.000 mAh dengan fast charging 33 Watt hingga HyperCharge 120W. Redmi Note 13 menawarkan kamera utama dengan 108 SMP. Redmi Note 13 Pro menawarkan kamera utama 200 MP.

4. Defisit APBN Berpotensi Membengkak Akibat Program Makan Siang Gratis

Defisit Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) berpotensi membengkak akibat program makan siang gratis yang dicanangkan oleh calon presiden Prabowo Subianto. Jika hal tersebut dibiarkan, maka dikhawatirkan utang pemerintah juga ikut naik.

Kementerian Keuangan mencatat, defisit APBN 2023 sebesar Rp 347,6 triliun atau 1,65% dari Produk Domestik Bruto (PDB). Defisit tersebut lebih rendah dari target pada APBN 2023 sebesar 2,84% PDB atau pada Perpres 75/2023 sebesar 2,27% dari PDB.

Namun Direktur Eksekutif CELIOS Bhima Yudhistira memperkirakan defisit APBN bisa mencapai 3,2%-3,3% dari PDB jika anggaran program makan siang gratis mengambil pos-pos belanja lain.

“Kalau mengambil pos belanja lain, dapat berdampak terhadap daya beli masyarakat atau pertumbuhan ekonomi yang lebih rendah,” ujar Bhima kepada Katadata.co.id, Senin (26/6).

Sehingga dampak-dampak tersebut harus dipertimbangkan pemerintah. Bhima pun memperingatakan, jangan sampai program populis Prabowo ini bisa menghambat dan melembarkan defisit APBN.

5. Bank Digital Krom Meluncur, Tawarkan Bunga Deposito hingga 8,7%

PT Krom Bank Indonesia Tbk (BBSI) resmi meluncurkan aplikasi bank digitalnya. Seiring dengan peluncuran itu, perusahaan menawarkan beberapa keunggulan salah satunya bunga yang kompetitif.

Presiden Direktur PT Krom Bank Indonesia Tbk, Anton Hermawan mengatakan, Krom dirancang dengan layanan perbankan superior yang memungkinkan generasi muda untuk mengelola dan mengembangkan uangnya.

Kompetitif krom menawarkan suku bunga tabungan 6% per tahun dan suku bunga deposito hingga 8,75% per tahun. Hal ini memberikan nilai investasi yang jauh lebih tinggi dari pasar untuk nasabah.

"Selain itu, Krom juga memberikan suku bunga yang kompetitif di industri, dilengkapi dengan keamanan data yang tinggi untuk nasabah, dan memprioritaskan konsep fleksibilitas bagi nasabah untuk mengelola dan merencanakan alokasi dana," kata Anton dalam paparannya, Selasa (27/2).

Selain itu, krom juga menghilangkan biaya tradisional dan menyederhanakan akses, yang menghadirkan peluang unik sehingga membuat perbankan dengan krom aman dan menguntungkan