Jokowi Jajal Pendaratan Perdana Pesawat Kepresidenan di Bandara IKN

ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/rwa.
Presiden Joko Widodo memberikan sambutan saat ground breaking Bandara Ibu Kota Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (1/11/2023).
24/9/2024, 13.57 WIB

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana untuk menjajal pengujian pendaratan di Bandara IKN Nusantara, Kalimantan Timur pada Selasa (24/9), siang ini.  Jokowi juga akan mulai berkantor di IKN mulai Rabu, 25 September.

“Kami cek kemarin sudah bisa didarati. Saya akan coba darati bandara di IKN,” kata Jokowi kepada wartawan seusai meresmikan smelter Bauksit Grade Alumina Refinery (SGAR) Mempawah di Desa Bukit Batu, Mempawah, Kalimantan Barat pada Selasa (24/9).

Jokowi mengatakan Bandara IKN Nusantara merupakan bandara komersial yang diharapkan dapat melayani masyarakat umum. “Bandara IKN Itu bukan bandara VVIP,” ujar Jokowi.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Yusuf Permana mengatakan, Presiden Jokowi akan mendarat perdana di Bandara IKN dengan menggunakan pesawat kepresidenan RJ85. Yusuf menjelaskan rute penerbngan dimulai dari Pontianak menuju Bandara IKN.

“Siang ini rencana Bapak Presiden akan mendarat perdana di Bandara IKN. Beliau akan menggunakan Pesawat Kepresidenan RJ85 dari Pontianak menuju ke Bandara IKN,” kata Yusuf lewat keterangan tertulis kepada wartawan pada Selasa (24/9).

Sebelumnya, Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) mengatakan konstruksi landasan pacu Bandara VVIP IKN dijadwalkan rampung sepanjang 2.200 meter pada pekan ini. Dengan demikian, pesawat kepresidenan sudah bisa mendarat di Bandara IKN saat Presiden Jokowi berkantor di IKN.

Jadwal konstruksi landasan pacu Bandara VVIP IKN telah molor tiga kali. Target awal penyelesaian konstruksi landasan pacu tersebut adalah sebelum 17 Agustus 2024, sebelum mundur menjadi akhir Agustus 2024, dan akhirnya menjadi pekan kedua September 2024.

Ketua Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis Sumadilaga sebelumnya mengatakan, landasan pacu bandara VVIP di IKN dirancang memiliki panjang 3.000 meter. Pagu paket proyek Bandara VVIP IKN adalah Rp 4,28 triliun. Lokasinya dirancang hanya 15 menit dari IKN dan 25 kilometer dari Bandara Sepinggan, Balikpapan.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu