Sekjen Gerindra Ahmad Muzani akan Ditetapkan jadi Ketua MPR Hari Ini

ANTARA FOTO/Galih Pradipta/aww.
Wakil Ketua TKN Ahmad Muzani menyampaikan sambutan saat peluncuran platfrom digital di depan gedung Fanta Headquarters Prabowo-Gibran, Menteng, Jakarta, Kamis (14/12/2023). TKN Fanta Prabowo-Gibran meluncurkan platfrom digital pemilihmuda.id guna menyisir dan menyapu bersih semua pemilih muda untuk bisa menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2024.
3/10/2024, 10.37 WIB

Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) akan menetapkan pimpinan lembaga tinggi negara tersebut hari ini. Nama Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani akan dipilih sebagai Ketua MPR 2024-2029.

Sidang Paripurna digelar pada Kamis (3/10) jam 10.00 WIB sampai selesai. Muzani rencananya akan didampingi 8 Wakil Ketua MPR.

"Besok tinggal menetapkan susunan pimpinan MPR yang baru yang dipimpin Ahmad Muzani," kata Ketua Fraksi PDI Perjuangan MPR Ahmad Basarah di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (2/10) dikutip dari Antara.

Wakil Ketua MPR akan berasal dari sejumlah partai serta perwakilan dari Dewan Perwakilan Daerah (DPD). DPD telah menetapkan Abcandra Akbar untuk mewakili mereka sebagai Wakil Ketua MPR.

Abcandra terpilih usai unggul voting dalam dua putaran. Putra Menteri Hukum dan HAM Supratman Andi Agtas itu mendapatkan suara 93 suara, mengungguli Fadel Muhammad yang dapat 50 suara.

"Jadikan saya tempat untuk kita bersama-sama memaksimalkan penguatan lembaga kita melalui MPR RI,” kata Abcandra usai terpilih pada Rabu (2/10).

Nama lain yang dicalonkan jadi Wakil Ketua MPR antara lain Bambang Wuryanto dari PDIP, Rusdi Kirana dari Partai Kebangkitan Bangsa, Eddy Soeparno dari Partai Amanat Nasional, Lestari Moerdijat dari Nasdem, hingga Hidayat Nur Wahid dari Partai Keadilan Sejahtera.

Sebelumnya, Anggota MPR dari Fraksi Partai Gerindra Rachel Maryam Sayidina mengatakan partainya telah mendekati partai lain agar Ahmad Muzani dipilih menjadi Ketua MPR periode 2024—2029.

"Kami dari Partai Gerindra juga sudah melakukan lobi-lobi dengan partai-partai lain sejak kemarin," kata Rachel di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (2/10).

Reporter: Antara