Istana Pastikan Jokowi Hadiri Pelantikan Prabowo - Gibran, Lanjut Pulang ke Solo

ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/foc.
Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato saat penyerahan penghargaan Agricola Medal di Istana Negara, Jakarta, Jumat (30/8/2024).
8/10/2024, 15.42 WIB

Menteri Sekretaris Negara Pratikno memastikan kehadiran Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka. Pelantikan akan dilakukan di Gedung Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Jakarta pada 20 Oktober mendatang.

Penjelasan Pratikno itu sekaligus mengoreksi pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang sebelumnya bilang tak akan datang dan mengikuti prosesi pelantikan Prabowo-Gibran di Gedung MPR. “Pak presiden memang sejak awal sudah mengatakan datang di pelantikan. Jadi pasti Pak Presiden hadir di pelantikan 20 Oktober nanti,” kata Pratikno kepada wartawan di ruang media atau press room Istana Merdeka Jakarta pada Selasa (8/10).

Menurut Pratikno, seusai pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih, Jokowi akan lebih dulu meninggalkan gedung parlemen untuk menuju ke Istana Merdeka Jakarta. Di sana, Jokowi akan menyambut kedatangan Prabowo. 

Kegiatan itu nantinya akan mengulangi acara lepas-sambut presiden di Istana Merdeka Jakarta pada 2014 silam. Kala itu,  Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) didampingi Ibu Ani Yudhoyono dan mantan menteri Kabinet Indonesia Bersatu II menyambut kedatangan Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana serta Wakil Presiden Boediono dan Ibu Mufidah Jusuf Kalla.

Kegiatan itu ditutup dengan inisiatif Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana melepas SBY dan Ibu Ani meninggalkan Istana Merdeka dari pintu Timur untuk ke kediaman pribadinya di Cikeas, Bogor, Jawa Barat. Adapun Jokowi mengatakan berencana segera pulang ke Solo setelah seremonial pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. 

"Tanggal 20 Oktober sore, saya pulang ke Solo," kata Jokowi seusai menyampaikan sambutan agenda BNI Investor Daily Summit di Jakarta Convention Center pada Selasa (8/10). Pada kesempatan tersebut, Jokowi juga menyebut kemungkinan dirinya tidak akan menghadiri prosesi pelantikan Prabowo-Gibran di Gedung MPR Senayan Jakarta. 

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu