Top News: Prabowo Kumpulkan Tokoh dan 5 Politisi Gerindra jadi Calon Menteri

ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/aww.
Presiden Terpilih, Prabowo Subianto (kiri) bersama Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka (kanan) di depan Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, Rabu (24/4/2024).
15/10/2024, 06.09 WIB

Presiden Terpilih Prabowo Subianto telah memanggil sejumlah tokoh ke kediamannya di Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Pertemuan tersebut menjadi sinyal calon menteri yang mengisi kursi kabinet di era kepemimpinannya.

Pelantikan Prabowo menjadi Presiden RI rencananya akan digelar 20 Oktober 2024 mendatang. Sehari setelah pelantikan presiden akan mengumumkan daftar menteri kabinet, kemudian melantik mereka pada 21 Oktober 2024.

Serba-serbi pertemuan Prabowo dengan para calon menteri menjadi Top News Katadata.co.id, dari profil jajaran tokoh yang diperkirakan menjadi calon menteri, hingga Menkominfo Budi Arie yang mengaku tidak akan menjadi menteri kembali.

1. Menteri Prabowo Bakal Dilantik 21 Oktober 2024, Ini Bocoran Susunannya

Presiden terpilih Prabowo Subianto berencana akan melantik jajaran menteri dalam kabinetnya pada 21 Oktober 2024. Daftar menteri tersebut akan diumumkan setelah sehari Prabowo dilantik sebagai presiden.

Berkaitan dengan bocoran susunan menteri di kabinet baru, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta bersabar dan menunggu hingga waktu pengumuman pekan depan. Jokowi menegaskan bahwa dirinya tidak terlibat atau mengintervensi proses pemilihan menteri untuk kabinet baru.

"Jangan tanya ke saya yang berkaitan dengan itu, karena orang akan langsung negatif tadi. Saya ikut-ikut, intervensi," kata Jokowi, Jumat (11/10).

Jokowi menekankan bahwa perkara pemilihan menteri merupakan hak prerogatif presiden yang tidak boleh diintervensi oleh pihak manapun, termasuk oleh dirinya.

"Saya pun juga tidak mau diintervensi untuk urusan hak prerogatif. Jadi sama," ujarnya.

Saat pertemuan makan malam selama 2,5 jam dengan Prabowo di Hutan Kota Plataran Jakarta pada 8 Oktober 2024, Jokowi mengakui dirinya membicarakan banyak hal yang menyangkut soal politik dan ekonomi. Namun pertemuan tersebut tidak memberikan masukan soal kabinet.

2. Profil Widiyanti Putri Wardhana, Calon Menteri Ekonomi Kreatif Kabinet Prabowo

Presiden Terpilih Prabowo Subianto sore ini memanggil sejumlah tokoh ke kediamannya di Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Salah satu tokoh yang hadir adalah Widiyanti Putri Wardhana. Ia merupakan istri dari mantan Direktur Utama Indika Energy Wishnu Wardhana. Wishnu kini menjabat sebagai Direktur Utama PT Teladan Prima Agro Tbk dan sempat menjadi Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Widi, begitu perempuan ini disapa, ketika mendatangi kediaman Prabowo tampak mengenakan baju batik dan menenteng sebuah tas hitam. Ia disebut-sebut akan mengisi jabatan Menteri Ekonomi Kreatif.

Ia sempat menempuh pendidikan di Pepperdine University, Malibu, California, Amerika Serikat pada 1993. Widi meraih gelar Bachelor of Science in Business Administration.

3. Profil Yassierli, Guru Besar ITB yang Disebut Jadi Calon Menteri Era Prabowo

Guru besar Institut Teknologi Bandung atau ITB Yassierli turut hadir ke kediaman Presiden Terpilih Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara no. 4, Jakarta Selatan, pada Senin (14/10).

Perjalanan karier Yassierli dikutip dari laman Pakar Perhimpunan Ergonomi Indonesia atau PEI dan ITB, meliputi Ketua Dewan Pembina Bidang II. Kerjasama Kelembagaan dan Hubungan Internasional, Ketua Pengurus PEI, pengajar dan peneliti Fakultas Teknologi Industri ITB.

Kemudian Kepala UPT Pengembangan Manusia & Organisasi atau PMO ITB, serta Komite Manajemen Risiko MWA ITB pada 2024.

4. Lima Politisi Gerindra Jadi Calon Menteri, Ada 47 Tokoh Menghadap Prabowo

Sekitar lima politisi Partai Gerindra bakal mengisi kursi menteri pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Berdasarkan pantauan Katadata.co.id, terdapat 47 tokoh yang datang ke rumah Prabowo. Para tokoh yang datang ini diminta meneken pakta integritas.

"Ada beberapa poin yang dicantumkan dalam pakta integritas untuk ditandatangani, untuk calon menteri yang sudah dipastikan akan mendampingi,” kata Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad saat ditemui di depan kediaman Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara Nomor 4, Jakarta, Senin (14/10).

Berikut lima politisi Gerindra yang menjadi calon menteri:

  1. Prasetio Hadi - Ketua DPP Partai Gerindra
  2. Sugiono - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra
  3. Fadli Zon - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra
  4. Maruarar Sirait - politikus Partai Gerindra
  5. Supratman Andi Agtas - politikus Gerindra

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus anggota DPR RI Sugiono mengatakan pertemuannya dengan Prabowo hari ini membahas soal penempatan dirinya dalam pemerintahan. Namun, Sugiono enggan menjelaskan posisi Menteri untuk dirinya.

5. Budi Arie Klaim Tak jadi Menkominfo Prabowo, Sebut Meutya Hafid jadi Pengganti

Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi mengonfirmasi kabar dirinya tidak lagi menjabat Menkominfo pada kabinet pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Ia menyebut pada pemerintahan selanjutnya posisi Menkominfo akan diisi oleh politikus Golkar Meutya Hafid.

“Betul (Meutya Hafid). Soal nanti bagaimana, itu terserah presiden,” kata Budi Arie di kantornya, Selasa (14/10).

Sebelumnya, Budi kerap mengelak saat ditanya terkait isu ini. Budi selalu menjawab bahwa pemilihan menteri adalah hak prerogatif presiden terpilih 2024–2029 Prabowo Subianto.

Namun, ia mengaku siap ditugaskan di mana saja. Pada lain waktu, Budi juga sempat menjawab tidak apa-apa bila tidak ada namanya dalam daftar kabinet Prabowo. Pasalnya sempat ada isu bahwa beberapa orang di kabinet Jokowi bakal diboyong ke kabinet Prabowo.

Ia mengaku bakal pulang ke rumah usai tidak menjabat sebagai menteri. “Enggak tahu (apa keputusannya). Pokoknya kita ikut perintah presiden terpilih," ujar Budi di Kementerian Kominfo, Kamis (10/10).