Debat Kedua Pilkada Jakarta 2024 Dibagi jadi Enam Segmen, Tema Ekonomi

Fauza Syahputra|Katadata
Debat perdana Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (6/10/2024).
27/10/2024, 17.59 WIB

Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta akan menggelar debat kedua Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta malam ini (27/10), di Beach City International Stadium (BCIS) Ancol, Jakarta Utara pukul 19.00 WIB. 

Ridwan Kamil-Suswono, Dharma Pongrekun-Kun Wardhana, dan Pramono Anung-Rano Karno akan saling menyampaikan program dan visi-misi dalam debat bertema “Ekonomi dan Kesejahteraan Sosial”. 

 KPU juga telah menyiapkan tujuh panelis yang berasal dari akademisi dan praktisi lintas sektor, sesuai dengan tema debat kedua.

Adapun subtema dalam debat terdiri dari enam topik, yakni infrastruktur terintegrasi dan pelayanan dasar prima, pendidikan dan kesehatan, penanganan ketimpangan sosial, pembangunan ekonomi digital dan UMKM, pariwisata dan ekonomi kreatif, serta inflasi bahan pokok. 

 Secara teknis debat kedua akan dilaksanakan seperti sebelumnya, dengan enam segmen. Ini berarti format debat kedua masih sama dengan debat pertama yang digelar pada 6 Oktober 2024.

"Masih sama dengan debat pertama yaitu ada enam (segmen), pembagiannya  juga masih sama," kata Kepala Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Hubungan Masyarakat KPU DKI Jakarta Astri Megatari di Jakarta, Rabu (23/10), dikutip dari Antara

Segmen 1 merupakan penyampaian visi misi program masing-masing pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur, segmen 2 dan 3 yaitu pendalaman visi misi oleh moderator.  Sedangkan segmen 4 dan 5 adalah tanya jawab antar paslon, dan segmen 6 penyampaian pernyataan penutup masing-masing paslon. 

 Gelaran debat juga akan disiarkan secara langsung melalui sejumlah stasiun televisi dan Live YouTube KPU Provinsi DKI, pukul 19.00 WIB.



Reporter: Kamila Meilina