Maskapai Penerbangan AirAsia memutuskan untuk menghentikan secara permanen penjualan tiket penerbangannya melalui Traveloka. Hal ini menyusul hilangnya layanan AirAsia di platform milik agen perjalanan online tersebut. Saat ini, manajemen Traveloka pun tengah mengupayakan dialog dengan AirAsia guna menyelesaikan persoalan.
Public Relations Director Traveloka Sufintri Rahayu menyatakan pihaknya menyayangkan keputusan AirAsia yang menghentikan penjualan tiketnya melalui platform Traveloka. "Kami telah meminta waktu untuk berdialog dengan AirAsia sejak akhir pekan lalu, agar mendapatkan solusi terbaik," ujar dia dalam siaran pers, Senin (3/4).
Ia menegaskan, perusahaannya berkomitmen untuk mengutamakan kerja sama yang berkelanjutan dengan seluruh pemangku kepentingan (stakeholders), termasuk mitra. "Saat ini, kami terus berupaya agar pelanggan dapat kembali menikmati pilihan maskapai yang selama ini tersedia (termasuk AirAsia)," kata dia.
(Baca: Sempat Hilang, Tiket AirAsia Kembali Ada di Traveloka dan Tiket.com)
Namun, keputusan AirAsia sudah bulat. Direktur Utama AirAsia Indonesia Dendy Kurniawan menilai, Traveloka tak serius mengatasi hilangnya layanan perusahaannya di platform salah satu unicorn tersebut. “Traveloka tidak bertindak dengan itikad baik. Mereka menolak memberikan penjelasan resmi meskipun kami berulang kali berupaya mencari klarifikasi," kata dia, dikutip dari Antara.
Berdasarkan informasi yang ia terima, Traveloka tak cepat merespons pertanyaan konsumen terkait hilangnya layanan AirAsia di platform mereka. Bahkan, Traveloka merekomendasikan layanan penerbangan dari maskapai lain kepada konsumen yang bersangkutan.
Oleh karena itu, Grup AirAsia menghentikan penjualan tiket penerbangannya melalui Traveloka. AirAsia pun menyarankan konsumen untuk memesan layanan penerbangannya melalui situs resmi airasia.com atau aplikasi. "Situs dan aplikasi seluler AirAsia adalah alternatif yang lebih baik," ujar Dendy.
AirAsia sudah mengumumkan kepada konsumennya mengenai penarikan penjualan ini. Dalam pengumuman itu, AirAsia menyampaikan bahwa konsumen yang kadung memesan melalui Traveloka bisa meminta tambahan makanan atau bagasi melalui https://booking2.airasia.com/
Lalu, bagi konsumen yang ingin melakukan perubahan penerbangan atau meminta pengembalian uang (refund), bisa menghubungi tim Customer Happiness melalui opsi obrolan AVA di support.airasia.com. Bila ada pertanyaan lain, konsumen bisa bertanya melalui support.airasia.com.
Sementara itu, CTO Tiket.com Daniel Armanto mengatakan, bahwa hilangnya layanan penerbangan di platform bisa saja terjadi karena persoalan teknis. "Yang tercantum di aplikasi itu list dari penyuplai. Jadi kalau tidak muncul, bukan dari pihak Tiket.com," ujar dia.
(Baca: Bersaing dengan Traveloka, Tiket.com Siap Luncurkan Layanan Cicilan)
Adapun kondisi serupa sempat terjadi pada 17 Februari 2019. Namun, layanan penerbangan AirAsia kembali muncul di platform Traveloka dan Tiket.com pada hari berikutnya.