Platform marketplace B2B Ralali meraih pendanaan sebesar US$ 13 juta atau sekitar Rp 182 miliar. Ralali.com berencana menggunakan pendanaan untuk memperkuat pemenuhan kebutuhan usaha UMKM Indonesia.

Investasi seri C Ralali.com ini dipimpin oleh Arbor Ventures (Singapura), TNB Aura (Singapura) dan founder dari ZIGExN Co., Ltd., Mr Jo Hirao (Jepang), dengan partisipasi dari AddVentures (Thailand) dan Qualgro (Singapura) sebagai investor pendahulu.

Saat ini Ralali menghubungkan 12 ribu pemasok termasuk brand besar seperti Unilever Food Solutions, PaperOne, Asus, Siam Cement Group, P&>, Unil Opal dengan lebih dari 500 ribu UMKM di seluruh Indonesia sebagai penggunanya.

Selain itu, Ralali juga menyediakan solusi pemenuhan kebutuhan usaha dan pembiayaan untuk UMKM. “Misi kami adalah membantu UKM tradisional bertumbuh dengan memanfaatkan teknologi digital,” ujar Joseph Aditya, CEO, Ralali.com dalam siaran pers, Sabtu (27/7).

Menurutnya, pendanaan ini akan membantu Ralali meningkatkan teknologi untuk melayani jutaan UMKM Indonesia dalam memenuhi kebutuhan usaha mereka. Hingga saat ini sudah lebih dari 1.500 UMKM yang menikmati fasilitas kredit dari Ralali.

(Baca juga: Rudiantara Tanggapi Dugaan Banjir Impor lewat E-commerce)

“Dengan menjadi super app, pembeli dengan segmen usaha spesifik dapat menemukan solusi yang terkurasi untuk produk kebutuhan usaha, pembiayaan dan logistik yang relevan dengan usaha masing-masing,” kata Joseph.

Arbor Ventures, investor yang bergabung dalam putaran ini menyatakan, “Selama berinvestasi di banyak layanan keuangan, kami gembira saat melihat pertumbuhan pasar e-commerce B2B di Indonesia dan bagaimana Ralali berkontribusi secara signifikan kepada pertumbuhan tersebut.”   

Ralali juga disokong oleh investor global termasuk Beenext, Beenos Plaza, Beenos Asia,  CA Asia Internet Fund, East VC SEA 1, East VC SEA 2, East VC 2 Investment Limited, Qualgro, YJ2, Add Ventures, SBI,  Arbor Ventures, TNB Aura, dan founder of ZIGExN Co., Ltd., Mr Jo Hirao.

(Baca juga: Sediakan Pinjaman untuk Penjual, Tokopedia Gandeng Modalku)

Saat ini Ralali.com menghubungkan lebih dari 12 ribu pemasok (sellers), lebih dari 160 ribu pembeli (UMKM) dan menangani hampir 300 ribu produk (SKU) di dalam platformnya, dengan setengah juta pengguna teregistrasi dan lebih dari 5 juta pengunjung bulanan.

Reporter: Desy Setyowati