Ramadan selalu menjadi ajang bagi para peretail baik online maupun offline, berlomba memberikan diskon. Di jajaran e-commerce, Shopee, Blanja.com, Blibli.com, Bukalapak hingga Lazada menawarkan berbagai promo untuk menarik konsumen.
Country Brand Manager Shopee Indonesia Rezki Yanuar mencatat, rata-rata transaksi selama Ramadan mencapai lebih dari 300 ribu pesanan per hari. "Yang tertinggi di Ramadan. Hampir tiga minggu di bulan itu transaksinya tinggi," ujar dia saat acara Kampanye Ramadan Shopee 2018 di Jakarta, Kamis (3/5).
(Baca juga: Bisnis Jasa Pengiriman Tuai Berkah di Libur Panjang Lebaran)
Produk yang paling banyak dipesan adalah busana muslim, pakaian wanita, serta kategori anak dan bayi. Selain Ramadan, transaksi tertinggi terjadi di akhir tahun yakni saat Natal dan Tahun Baru. Namun, itu pun hanya berlangsung sekitar 1-2 hari.
Oleh karena itu, ia tak heran jika e-commerce berlomba-lomba memberikan diskon selama blan puasa. Tahun ini, Shopee turut berpartisipasi dengan meluncurkan Big Ramadhan Sale, menawarkan diskon hingga 90% selama 16 April-30 Mei 2018. Promo ini terdiri dari pre ramadan, melalui permainan Golden Ketupat yang memungkinkan pengguna mendapatkan koin.
Lalu, pada saat Ramadan akan ada permainan sejenis berjudul Goyang Hujan Emas. Untuk mendapat koin, pengguna hanya perlu menggoyangkan ponsel saat membuka aplikasi Shopee. Layanan in-app game ini bakal berlangsung 30 menit pada pukul 05.00 WIB dan 17.00 WIB selama 14 Mei-17 Juni 2018.
E-commerce pelat merah Blanja.com pun tak mau ketinggalan. Anak usaha PT Telkom ini menyiapkan program SIAP BLANJA yang menawarkan beragam promo seperti Sahur Seru, Ngabuburit Hemat, Rezekuis Ramadan, Brand Store Sale, Serbuan Blanja, dan lainnya. Program tersebut berlangsung pada 1 Mei - 30 Juni 2018.
Marketplace lainnya yakni Blibli.com juga mengadakan program Kebaikan Ramadhan berupa gratis ongkir untuk pembelian bahan makanan selama 23 April-23 Juni 2018. Lalu, ada juga Flash Deal Ramadhan Fair pada pukul 10.00-14.00 WIB setiap harinya. Blibli.com menjual produk tertentu dengan harga sale yaitu Rp 14.390, Rp 143.900, dan Rp 1.439.000 dalam program tersebut.
(Baca juga: Ketika Pasar Game dan E-Commerce Indonesia Jadi Rebutan Pemain Dunia)
Bahkan, Blibli.com sudah merilis dua layanan baru yakni BlibliMART dan penjualan tiket perjalanan ke luar negeri guna menyambut lebaran. Blibli.com pun menargetkan, penjualan grocery atau barang kebutuhan sehari-hari naik 5 kali lipat dibanding tahun lalu. Sedangkan penjualan tiket perjalanan diharapkan meningkat 2 kali lipat dibanding bulan puasa 2017.
Lazada juga sudah memberikan diskon hingga 70% melalui program Ramadhan Sale sepanjang 19 Mei hingga 25 Juni 2018. Pesaingnya, Tokopedia juga menyiapkan program Ramadan Extra dengan mengadakan flash sale selama Mei 2018. Begitu juga, Bukalapak juga akan mengadakan promo ramadhan dan promo lebaran hanya belum dijelaskan besaran diskonnya.
Sebelumnya, perusahaan teknologi pemasaran niaga Criteo mencatat, ada peningkatan penjualan sebesar 24-25% selama ramadan dibanding bulan sebelumnya. Bahkan, dua pekan setelah ramadan, penjualannya terus naik 33%. "Penjualan produk perjalanan melalui ponsel (situs dan aplikasi) meningkat 40% setelah Ramadhan," kata General Manager Criteo Southeast Asia, Hong Kong, and Taiwan Alban Villani.