Blibli Targetkan Penjualan Naik Hingga 5 Kali Lipat Saat Ramadan

Katadata/Desy Setyowati
Petugas kurir Blibli.com di warehouse di Jalan Dewi Sartika, Jakarta, Senin (9/4).
Penulis: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
9/4/2018, 17.51 WIB

Perusahaan e-commerce Blibli.com merilis dua layanan baru yakni BlibliMART dan penjualan tiket perjalanan ke luar negeri. Blibli.com pun menargetkan peningkatan transaksi yang signifikan pada Ramadan mendatang.

Untuk grocery atau barang kebutuhan sehari-hari, penjualannya ditarget naik 5 kali lipat dibanding tahun lalu. Sedangkan penjualan tiket perjalanan diharapkan meningkat 2 kali lipat dibanding bulan puasa 2017.

"Tahun lalu kan terpisah-pisah (untuk produk grocery), setelah jadi satu di BlibliMART, kami targetkan naik 5 kali lipat," ujar Senior Vice President of Trade Partnership Blibli.com Fransisca Krisantia Nugraha di kantornya, Senin (9/4). Namun, ia menolak menyebut nilai transaksi yang dicapainya tahun lalu.

Fransisca menyatakan, penyatuan ragam produk harian di BlibliMART akan memudahkan konsumen memilih barang yang dibutuhkannya. Melalui BlibliMART, masyarakat kini bahkan dapat membeli produk segar (beku) dengan pilihan pengiriman pada hari yang sama melalui kurir JNE atau Go-Send dari Go-jek.

(Baca juga: Terdaftar di BI, 15 Fintech Boleh Kerja Sama dengan Perbankan)

Persiapan logistik untuk penjualan produk segar ini, menurut Fransisca memakan waktu tiga tahun. "Sekarang gudangnya ada di warehouse di jalan Dewi Sartika (Cawang, Jakarta). Jadi kebutuhan belanja bulanan bisa dilengkapi di Blibli.com," kata Fransisca. Selain Jakarta dan Tangerang, layanan ini juga tersedia di Surabaya dan Medan.

Selain menyasar ibu-ibu melalui fitur BlibliMART, Blibli.com juga menyadari kebutuhan bepergian khususnya saat lebaran biasanya meningkat. Untuk kegiatan mudik, Blibli.com sudah menyiapkan layanan penjualan tiket perjalanan domestik sejak tahun lalu.

Kini, Blibli.com menawarkan layanan tiket perjalanan ke luar negeri bagi konsumen yang ingin berlibur. Untuk menyediakan layanan ini, Blibli.com pun bekerja sama sister company yakni Tiket.com. "Harga kami juga bersaing dengan yang lain," ujar Senior Vice President of Marketing Blibli.com I Gusti Ayu Fadjar.

(Baca juga: Tujuh Isu Besar Ekonomi Digital: Keamanan Data hingga Logistik)

Ia optimistis penjualan tiket perjalanan pada Ramadan tahun ini akan meningkat dua kali lipat dibanding tahun lalu. Yang mana, ia mencatat permintaan produk travel awal tahun ini sudah naik tiga kali lipat dibanding Kuartal IV-2017. 

Reporter: Desy Setyowati