PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) mengenalkan layanan terbaru yaitu chatbot SABRINA (Smart BRI New Assistant) on Voice. Selain itu, bank milik pemerintah mengubah tampilan situs perusahaan dan meluncurkan platform e-commerce Indonesia Mall.

EVP Digital Center of Excellence BRI Kaspar Situmorang menyatakan, SABRINA on Voice merupakan virtual assistant chat untuk memenuhi kebutuhan nasabah melalui layanan yang cepat, akurat, aman, dan nyaman. "Inovasi ini merupakan wujud komitmen kita untuk memudahkan dan mendekatkan nasabah dalam menggunakan layanan perbankan BRI," ujar dia di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Senin (2/4).

(Baca juga:  Cegah Penggandaan Kartu ATM, BI: BRI Percepat Migrasi ke Chip)

Layanan SABRINA on Voice memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) berbasis chat. Melalui aplikasi ini, BRI mencoba melayani nasabah dengan memberikan informasi berupa promo perbankan, pencarian ATM terdekat hingga membeli tiket bioskop lewat pesan suara.

Selain itu, BRI juga berupaya merangkul Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) melalui platform e-commerce Indonesia Mall. Indonesia Mall dibuat untuk meningkatkan jangkauan penjualan produk UMKM secara online.

Dia menyatakan, saat ini BRI sudah bekerja sama dalam penyediaan sistem pembayaran dengan tiga platform e-commerce Tanah Air, yaitu Lazada, Bukalapak dan Blanja.com. Pada kuartal dua 2018 nanti, lanjutnya, akan ada e-commerce besar lainnya yang akan bekerjasama dengan BRI.

(Baca juga: Gelar Investigasi, BRI Janji Ganti Dana Nasabah yang Raib)

Pada kesempatan yang sama, BRI juga melakukan pembaharuan tampilan laman resmi korporat, yakni www.bri.co.id. Kaspar menjelaskan, pembaharuan laman resmi ini dilakukan untuk meningkatkan customer experience ketika mengaksesnya.

Perubahan laman tersebut meliputi peningkatan kualitas, perubahan tampilan situs (layout), aksesibilitas terhadap berbagai fitur, kontekstualitas konten, dan integrasi dengan SABRINA.

"Keseluruhan pembaharuan laman ini merupakan komitmen kita untuk menerapkan keterbukaan informasi di era teknologi digital, sekaligus untuk memudahkan interaksi dengan masyarakat utamanya para nasabah BRI," ujarnya.

Reporter: Ihya Ulum Aldin