PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) mengenalkan layanan terbaru yaitu chatbot SABRINA (Smart BRI New Assistant) on Voice. Selain itu, bank milik pemerintah mengubah tampilan situs perusahaan dan meluncurkan platform e-commerce Indonesia Mall.

EVP Digital Center of Excellence BRI Kaspar Situmorang menyatakan, SABRINA on Voice merupakan virtual assistant chat untuk memenuhi kebutuhan nasabah melalui layanan yang cepat, akurat, aman, dan nyaman. "Inovasi ini merupakan wujud komitmen kita untuk memudahkan dan mendekatkan nasabah dalam menggunakan layanan perbankan BRI," ujar dia di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Senin (2/4).

(Baca juga:  Cegah Penggandaan Kartu ATM, BI: BRI Percepat Migrasi ke Chip)

Layanan SABRINA on Voice memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) berbasis chat. Melalui aplikasi ini, BRI mencoba melayani nasabah dengan memberikan informasi berupa promo perbankan, pencarian ATM terdekat hingga membeli tiket bioskop lewat pesan suara.

Selain itu, BRI juga berupaya merangkul Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) melalui platform e-commerce Indonesia Mall. Indonesia Mall dibuat untuk meningkatkan jangkauan penjualan produk UMKM secara online.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin