Pelaku E-Commerce Targetkan Harbolnas Tahun Depan Bisa Diekspor

Muhammad Firman Eko Putra Katadata
Penulis: Michael Reily
Editor: Pingit Aria
13/12/2017, 08.28 WIB

Pelaku usaha e-commerce merencanakan kerja sama dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) untuk memberdayakan Usaha Kecil Menengah (UKM) lokal. Salah satu tujuannya adalah untuk mendorong ekspor produk ekonomi kreatif pada Harbolnas 2018.

"Bayangkan jika Harbolnas 2018 menjadi hal yang dinanti orang dari Malaysia, Singapura, dan Thailand untuk membeli barang yang didiskon," kata Ketua Panitia Hari Belanja Online Nasional 2017 Achmad Alkatiri saat konferensi pers Harbolnas 2017 di Agro Plaza, Jakarta, Selasa (12/12).


Pangsa Pasar e-Commerce Beberapa Negara Terhadap Penjualan Ritel (2015)

Rencananya, produk lokal kreatif yang menarik bakal dibuatkan sebuah tempat khusus di marketplace untuk sorotan dengan promosi secara internasional. Contohnya, kacamata yang bahan bakunya berasal dari produk daur ulang. Budaya yang dimiliki Indonesia pun akan menjadi nilai jual.

Panitia Harbolnas 2017 juga telah melakukan sosialisasi bagi 300 penjual baru yang telah menjadi mitra dalam program sosialisasi di Makassar, Medan, dan Surabaya. Nantinya, pengumuman hasil Harbolnas pada 19 Desember 2017.

"Kami juga akan mengumumkan dampak khusus Harbolnas bagi UKM baru di e-commerce yang telah kami bina," jelas Achmad.

(Baca juga:  Hindari Diskon Palsu, Ini Tips Belanja Cerdas Kala Harbolnas)

Halaman:
Reporter: Michael Reily