Rapor Tokopedia: Transaksi Busana - Asuransi Naik hingga 5 Kali Lipat

tokopedia
Ilustrasi platform Tokopedia
Penulis: Desy Setyowati
17/12/2020, 15.39 WIB

Perusahaan e-commerce, Tokopedia mengungkapkan transaksi selama pagelaran Fashion Week atau TFW 2020 meningkat lebih dari lima kali lipat dibandingkan tahun lalu. Unicorn Tanah Air ini juga mencatat, permintaan asuransi gadget dan donasi melonjak di tengah pandemi corona.

TFW 2020 yang digelar virtual selama 7-12 Desember lalu diikuti oleh puluhan pegiat mode lokal dan internasional. Beberapa di antaranya yakni Batik Kultur, Zaskia Mecca, Torch, Smith Berlin dan UBS Lifestyle.

“Produk busana lokal seperti kaos, gaun dan pasmina menjadi yang paling diburu selama TFW 2020,” kata Head of Category Development Tokopedia Falah Fakhriyah dikutip dari siaran pers, Kamis (17/12). Selama acara, Tokopedia dan pelaku usaha memang menawarkan diskon, uang kembali (cashback) dan bebas ongkos kirim

Pemilik ZM Zaskia Mecca Haykal Kamil mengatakan, keikutsertaan dirinya dalam TFW 2020 merupakan salah satu bentuk penyesuaian terhadap perubahan akibat pandemi Covid-19. “Sejak awal pandemi, banyak penyesuaian yang kami lakukan agar bisnis tetap berjalan,” ujar dia. Ia pun mencatat, penjualan meningkat selama periode ini.

Selain transaksi selama TFW 2020, Tokopedia mengungkapkan bahwa donasi digital menjadi tren selama pagebluk virus corona. “Per November, sumbangan melalui platform lebih dari Rp 42 miliar,” kata Head of Tokopedia Salam Garri Juanda.

Ia menghitung, nilainya meningkat 6,5 kali lipat lebih dibandingkan periode sama tahun lalu. Menyadari donasi digital menjadi tren saat pandemi, Tokopedia menggaet Rumah Yatim untuk memberikan paket alat tulis Rp 49 ribu dan Rp 99 ribu kepada anak dari keluarga prasejahtera.

Sedangkan Senior Lead Fintech Tokopedia Marissa Dewi mengungkapkan, transaksi asuransi pada fitur Proteksi Gadget meningkat lebih dari 70 kali lipat dalam dua tahun terakhir. Cakupannya meliputi perlindungan dari risiko kerusakan fisik, terkena cairan, hingga kehilangan akibat insiden seperti perampokan dan pencurian.

Perusahaan menawarkan premi mulai dari Rp 46 ribu yang berlaku 12 bulan sejak barang diterima. Sedangkan klaim dapat sepenuhnya dilakukan secara digital.

Untuk produk asuransi, Tokopedia juga memiliki proteksi elektronik, ibu dan anak, mebel, otomotif hingga produk digital seperti tagihan listrik dan air. Preminya mulai dari Rp 3.000, dengan biaya kompensasi hingga Rp 500 ribu.

Marissa mengatakan, transaksi produk asuransi di Tokopedia meningkat lebih dari 20 kali lipat selama dua tahun terakhir. Sedangkan jumlah pengguna bertambah hampir 20 kali.

“Ke depan, kami akan terus mengeksplorasi kebutuhan masyarakat untuk menghadirkan inovasi digital lain,” kata Marissa.

Unicorn Indonesia itu pun mengklaim telah menjangkau 98% kecamatan di Indonesia. Selain itu, menggaet 9,7 juta mitra penjual dan 100 juta pengguna per bulan.

CEO Tokopedia William Tanuwijaya menyampaikan, 2% yang belum terjangkau umumnya tak terakses internet atau listrik. “Hanya masalah waktu untuk mencapai seluruh wilayah Indonesia,” kata dia dalam acara dalam acara Indonesia Digital Conference 2020 yang digelar oleh Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI), Selasa lalu (15/12).