EDISI KHUSUS | Semarak Ramadan 1442 H

Penjualan Parsel Makanan di Tokopedia Naik 5 Kali Saat Ramadan

ilustrasi/Tokopedia
Ilustrasi Tokopedia
7/5/2021, 17.12 WIB

Startup e-commerce, Tokopedia mencatatkan peningkatan transaksi parsel makanan lima kali lipat saat ramadan. Lonjakan ini terdorong oleh tren berkirim hadiah imbas larangan mudik lebaran.

"Berkirim parsel kini menjadi tren. Banyak masyarakat yang membeli parsel lewat e-commerce," kata External Communications Senior Lead Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya dalam virtual ‘ngabuburit Tokopedia’ bertema ‘Tren Belanja Online dan Inspirasi Makanan Sehat Jelang Lebaran’, Jumat (7/5).

Tren itu terjadi di saat pemerintah melarang mudik lebaran selama 6 - 17 Mei. Ini untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19.

Selain parsel, Tokopedia mencatatkan peningkatan penjualan hijab dan perlengkapan ibadah. Kedua kategori produk ini meningkat sekitar dua kali lipat saat ramadan dibandingkan hari biasa.

Ekhel mengatakan, tren belanja parsel bisa dimanfaatkan oleh Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk meningkatkan transaksi selama ramadan. Apalagi, “dalam sebulan bisa sampai 100 juta pengunjung Tokopedia. Jadi pasarnya luas," katanya.

Untuk mengimbai tren tersebut, Tokopedia juga menggaet Gojek lewat GoSend. Kedua perusahaan yang dikabarkan akan segera merger ini pun membuat kampanye bertajuk 'Dekatkan yang Jauh, Kirim yang Bermakna' bagi pengguna yang berbelanja produk kategori 'Parsel Ramadan'.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan