Daftar Produk Paling Laris di Tokopedia saat Ramadan

Tokopedia
Tokopedia
Penulis: Lenny Septiani
23/2/2023, 17.39 WIB

Tokopedia mengungkapkan daftar produk paling laris selama Ramadan. Laporan The Trade Desk pun menunjukkan 9 dari 10 masyarakat Indonesia berencana berbelanja saat Ramadan tahun ini.

Sekitar 80% konsumen yang biasa berbelanja online bahkan berencana menambah anggaran belanja saat Ramadan.

Vice President of Marketing Solutions Tokopedia Edwin Chayadi mengatakan, berdasarkan data internal, masyarakat tetap memilih e-commerce untuk berbelanja kebutuhan untuk berpuasa selama Ramadan 2022.

“Terbukti dari adanya peningkatan jumlah product page view di Tokopedia lebih dari 50% dan jumlah pesanan lebih dari 77%,” kata Edwin dalam acara media briefing, Kamis (23/2).

Tren itu diperkirakan berlanjut pada Ramadan tahun ini. Puncak kegiatan belanja yaitu saat pembagian Tunjangan Hari Raya (THR).

Kategori produk paling dicari selama Ramadan tahun-tahun sebelumnya yakni:

  • Fashion
  • Otomotif dan Aksesori
  • Makanan dan Minuman
  • Rumah Tangga
  • Smartphone dan Tablet

Sedangkan kategori produk dengan transaksi tertinggi saat Ramadan tahun-tahun sebelumnya yaitu:

  • Fashion
  • Makanan dan Minuman
  • Kesehatan
  • Otomotif dan Aksesori
  • Rumah Tangga

Subkategori dengan lonjakan permintaan saat Ramadan tahun-tahun sebelumnya yakni:

  • Hampers dan Dekorasi
  • Bumbu dan Peralatan Masak
  • Gaming
  • Perlengkapan Travel dan Kecantikan

Sedangkan kata kunci yang sering digunakan:

  • Peralatan memanggang
  • Pakaian Muslim
  • Logam mulia dan perhiasan
  • Makanan dan minuman
  • Hadiah lebaran dan THR
  • Hampers

Tokopedia pun membagikan tren e-commerce dan perilaku konsumen berdasarkan data-data Ramadan sebelumnya, yakni:

  • Setengah dari Total Pesanan di Tokopedia Ramadan 2022 Gunakan Bebas Ongkir
  • Masyarakat mulai mencari dan berbelanja kebutuhan Ramadan sejak sebulan sebelumnya
  • Pencarian dan pembelian tertinggi terjadi pada minggu pertama hingga ketiga Ramadan, atau saat pembagian THR
  • Kenyamanan pembayaran dan pengiriman berperan penting bagi konsumen ketika berbelanja online
  • Masyarakat Indonesia menyukai promosi yang dikemas dalam bentuk hiburan
  • Ramadan menarik minat belanja di semua tipe pengguna

Metode pembayaran cashless menjadi yang paling populer selama berbelanja kebutuhan Ramadan, baik melalui transfer antar-bank, dompet digital, kartu kredit maupun GoPayLater Cicil.

Selain itu, "lebih dari setengah pesanan selama Ramadan 2022 dikirim dengan bebas ongkir," katanya.

Reporter: Lenny Septiani