Tokopedia mengungkapkan daftar produk paling laris selama Ramadan. Laporan The Trade Desk pun menunjukkan 9 dari 10 masyarakat Indonesia berencana berbelanja saat Ramadan tahun ini.
Sekitar 80% konsumen yang biasa berbelanja online bahkan berencana menambah anggaran belanja saat Ramadan.
Vice President of Marketing Solutions Tokopedia Edwin Chayadi mengatakan, berdasarkan data internal, masyarakat tetap memilih e-commerce untuk berbelanja kebutuhan untuk berpuasa selama Ramadan 2022.
“Terbukti dari adanya peningkatan jumlah product page view di Tokopedia lebih dari 50% dan jumlah pesanan lebih dari 77%,” kata Edwin dalam acara media briefing, Kamis (23/2).
Tren itu diperkirakan berlanjut pada Ramadan tahun ini. Puncak kegiatan belanja yaitu saat pembagian Tunjangan Hari Raya (THR).
Kategori produk paling dicari selama Ramadan tahun-tahun sebelumnya yakni:
- Fashion
- Otomotif dan Aksesori
- Makanan dan Minuman
- Rumah Tangga
- Smartphone dan Tablet
Sedangkan kategori produk dengan transaksi tertinggi saat Ramadan tahun-tahun sebelumnya yaitu:
- Fashion
- Makanan dan Minuman
- Kesehatan
- Otomotif dan Aksesori
- Rumah Tangga
Subkategori dengan lonjakan permintaan saat Ramadan tahun-tahun sebelumnya yakni:
- Hampers dan Dekorasi
- Bumbu dan Peralatan Masak
- Gaming
- Perlengkapan Travel dan Kecantikan
Sedangkan kata kunci yang sering digunakan:
- Peralatan memanggang
- Pakaian Muslim
- Logam mulia dan perhiasan
- Makanan dan minuman
- Hadiah lebaran dan THR
- Hampers
Tokopedia pun membagikan tren e-commerce dan perilaku konsumen berdasarkan data-data Ramadan sebelumnya, yakni:
- Setengah dari Total Pesanan di Tokopedia Ramadan 2022 Gunakan Bebas Ongkir
- Masyarakat mulai mencari dan berbelanja kebutuhan Ramadan sejak sebulan sebelumnya
- Pencarian dan pembelian tertinggi terjadi pada minggu pertama hingga ketiga Ramadan, atau saat pembagian THR
- Kenyamanan pembayaran dan pengiriman berperan penting bagi konsumen ketika berbelanja online
- Masyarakat Indonesia menyukai promosi yang dikemas dalam bentuk hiburan
- Ramadan menarik minat belanja di semua tipe pengguna
Metode pembayaran cashless menjadi yang paling populer selama berbelanja kebutuhan Ramadan, baik melalui transfer antar-bank, dompet digital, kartu kredit maupun GoPayLater Cicil.
Selain itu, "lebih dari setengah pesanan selama Ramadan 2022 dikirim dengan bebas ongkir," katanya.