Transaksi pembelian genteng senilai Rp 28,7 juta viral di media sosial. Seorang pengguna Tokopedia bernama Anita Feng tak menerima pesanannya meskipun telah membayar lunas.
Berdasarkan hasil investigasi Tokopedia, penjual melakukan kesalahan dengan mengirim barang melalui kurir yang tidak terhubung dengan sistem perusahaan. "Tokopedia telah menonaktifkan toko terkait secara permanen, karena dianggap melanggar syarat dan ketentuan," kata Head of External Communications Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya, Selasa (28/2).
Tokopedia sudah membuka komunikasi dengan pihak pembeli dan menyarankan untuk melaporkan kasus itu ke polisi. "Tetapi sampai saat ini, Ibu Anita belum merespons saran kami dengan baik dan tidak melakukan pelaporan kepada kepolisian," kata Ekhel.
Sebelumnya, Anita menceritakan pengalamannya dalam unggahan di LinkedIn Senin (20/2). “Barang tidak dapat, uang tidak kembali. Padahal kami customer Tokopedia Diamond dengan lebih dari 1200 transaksi,” ujarnya dalam unggahan tersebut.
Berikut kronologi kasus beli genteng di Tokopedia tak kunjung sampai sebagai berikut:
- 14 Februari: Anita order 2.870 genteng Rp 28,7 juta menggunakan pengiriman sameday menggunakan motor
- 15 Februari: Status pesanan tiba, meski ia belum menerima. Ia mengeklik fitur komplain
- 16 Februari: Pesanan belum juga tiba dan status di aplikasi masih ‘pesanan dikomplain’
- 17 Februari: Status ‘pesanan dikomplain’ dicabut otomatis pada Pukul 19.00, 16 Februari dan uang diterima oleh penjual. Review dan etalase toko hilang di Tokopedia
Berbeda dengan Anita, petugas Tokopedia Care mengatakan bahwa Anita tidak mengajukan komplain. Ekhel menyampaikan, pesanan Anita sudah terselesaikan secara otomatis sebab sampai batas waktu konfirmasi penerimaan pesanan berakhir atau 2x24 jam setelah pesanan diterima, Anita tidak mengajukan komplain.
"Setelah berkoordinasi dengan tim terkait, Tokopedia tidak menemukan adanya kesalahan sistem," katanya.
Tips Belanja Aman dari Penipuan di E-commerce
- Pastikan toko memiliki rating dan review yang baik
- Waspada terhadap tawaran dan harga yang terlalu menggiurkan.
- Pastikan mengetahui cara melakukan refund atau pengembalian barang
- Selalu rekam video saat membuka paket barang sebagai bukti agar bisa mengajukan komplain
- Waspada dan teliti barang yang dikirimkan
- Pastikan komplain bila barang tak datang atau berbeda spesifikasinya
- Waspada jika ada yang meminta data pribadi
- Waspada kepada orang yang mengaku dari lembaga atau perusahaan tertentu