Induk Shopee yakni Sea Ltd, GoTo Gojek Tokopedia, Bukalapak, dan Blibli telah mengumumkan laporan keuangan 2022. Bagaimana perbandingan transaksi keempat e-commerce ini?
Laporan kinerja PT Global Digital Niaga Tbk atau Blibli selama 2022 sebagai berikut:
- Pendapatan bersih naik 72% secara tahunan (year on year/yoy) menjadi Rp 15,27 triliun, yang terdiri dari:
- Segmen Ritel 1P atau Business to Consumer (B2C) naik 32,05% menjadi Rp 8,9 triliun
- Segmen Ritel 3P atau kerja sama dengan brand prisipal dan menjual ke pihak ketiga, naik menjadi Rp 199 miliar
- Segmen institusi naik 137% menjadi Rp 2,62 triliun
- Segmen toko fisik naik 298% menjadi Rp 3,55 triliun
- Total Processing Value (TPV) naik 89,47% menjadi Rp 61,4 triliun, yang terdiri dari:
- Segmen Ritel 1P naik 32,36% menjadi Rp 9,94 triliun
- Segmen Ritel 3P naik 135% menjadi Rp 37,05 triliun
- Segmen institusi naik 28% menjadi Rp 10,43 triliun
- Segmen toko fisik naik 302% menjadi Rp 3,97 triliun
- Laba bruto perseroan meningkat 111% menjadi Rp 1,22 triliun
- Rugi usaha Blibli Rp 5 triliun
- Kas dan setara kas Blibli per 31 Desember 2022 Rp3,07 triliun
- Aset Rp 14,08 triliun
- Liabilitas Rp 3,6 triliun
Sedangkan laporan kinerja Bukalapak sepanjang tahun lalu yakni:
- Laba bersih naik 218% Rp 1,98 triliun atau membaik dibandingkan 2021 merugi Rp 1,67 triliun
- Pendapatan naik 70% menjadi Rp 3,6 triliun, terdiri dari:
- Mitra warung dan agen naik 141% menjadi Rp 1,97 triliun
- Marketplace naik 69% menjadi Rp 1,62 triliun
- EBITDA naik 219% menjadi Rp 1,85 triliun
- TPV tumbuh 25% menjadi Rp 154 triliun, yang terdiri dari:
- TPV Mitra warung dan agen naik 31% menjadi Rp 73,6 triliun
- TPV marketplace naik 21% menjadi Rp 80 triliun
Sedangkan kinerja Tokopedia tahun lalu yakni:
- GTV naik 18% menjadi Rp 273,1 triliun
- Pendapatan bruto naik 38% menjadi Rp 8,6 triliun
Lalu kinerja Shopee yakni:
- Pendapatan GAAP naik 42,3% menjadi US$ 7,3 miliar
- EBITDA yang disesuaikan naik dari minus US$ 2,6 miliar pada 2021 menjadi negatif US$ 1,7 miliar
- Pesanan bruto naik 23,7% menjadi 7,6 miliar
- GMV naik 17,6% menjadi US$ 73,5 miliar atau sekitar Rp 1.167 triliun
Dari data tersebut, perbandingan GMV, TPV dan GTV Bukalapak, Shopee, Blibli, dan Tokopedia sebagai berikut:
- GMV Shopee Rp 1.167 triliun di 10 negara
- GTV Tokopedia Rp 273,1 triliun di Indonesia
- TPV marketplace Bukalapak Rp 80 triliun di Indonesia
- TPV B2C dan brand Blibli Rp 46,99 triliun