Perbandingan Biaya Admin TikTok, Shopee, Tokopedia, Lazada, Bukalapak
TikTok Shop menaikkan biaya komisi kepada penjual per 1 Juni. Lebih mahal dibandingkan Shopee, Tokopedia, Lazada dan Blibli?
“Mulai Kamis, 1 Juni Pukul 09.00 WIB, TikTok Shop akan melakukan penyesuaian penting pada struktur biaya komisi,” kata TikTok melalui notifikasi untuk penjual di platform, Senin (8/5).
“Ini sebagai bagian dari komitmen TikTok Shop untuk terus melayani dan memberikan pengalaman yang lebih baik bagi seluruh penjual,” tambah TikTok.
Sebelumnya TikTok Shop mengenakan biaya 1% dari nilai produk dan flat fee atau biaya tetap Rp 2.000 untuk setiap transaksi. Biaya komisi ini dibebankan kepada pedagang.
Per 1 Juni, TikTok Shop akan mengenakan persentase biaya komisi yang berbeda untuk setiap kategori produk. Konsep seperti ini lebih dulu diterapkan oleh Shopee dan Tokopedia.
Perbandingan Biaya Komisi TikTok Shop, Shopee, Lazada, Tokopedia
TikTok Shop
Persentase biaya komisi untuk penjual di TikTok Shop per 1 Juni sebagai berikut:
- Handphone dan elektronik 1,9%
- Peralatan rumah tangga 1,9%
- Aksesori elektronik 4,3%
- Komputer dan peralatan kantor 2,7%
- Produk virtual seperti pulsa dan pembayaran tagihan 1%
- Buku, majalah, musik 4,3%
- Kecantikan 4,3%
- Personal care atau perawatan diri 4,3%
- Kesehatan 3,6%
- Makanan dan minuman 2,7%
- Liquor dan beverages 2,7%
- Kehamilan dan bayi 2,7%
- Fashion dan anak 4,3%
- Perlengkapan rumah 3,6%
- Peralatan dapur 3,6%
- Mebel 3,6%
- Tekstil dan soft furnishings 3,6%
- Perlengkapan hewan peliharaan 2,7%
- Koleksi 3,2%
- Mainan dan hobi 3,2%
- Home improvement 3,6%
- Otomotif dan sepeda motor 3,6%
- Peralatan dan perangkat keras 3,6%
Misalkan Anda menjual produk fashion. Konsumen bertransaksi total Rp 50.000, maka uang akan Anda terima yakni Rp 50.000 dikurang 4,3% atau Rp 2.150.
Namun jika Anda memberikan diskon produk menjadi Rp 35.000. Maka biaya komisi 4,3% dihitung dari total Rp 35.000 yakni Rp 1.505.
Jika pengguna membatalkan pesanan atau mengembalikan produk, maka TikTok Shop akan mengembalikan biaya komisi seutuhnya. Jika produk yang dikembalikan hanya sebagian, maka biaya komisi dihitung dari nilai transaksi valid.
“Pesanan valid adalah pesanan berbayar yang telah berhasil dikirim dan diterima oleh pembeli. Pesanan yang dibatalkan atau dikembalikan sepenuhnya atau dikembalikan dananya tidak dianggap sebagai pesanan valid,” kata TikTok Shop.
Biaya komisi tersebut sudah termasuk Pajak Pertambahan Nilai (PPN).
Lazada
Lazada juga melakukan penyesuaian biaya layanan yang harus dibayarkan penjual per 24 April. “Ini untuk setiap status pesanan telah dikonfirmasi oleh pembeli,” kata Lazada di laman resmi, dikutip Senin (8/5).
Bagi penjual marketplace biasa atau bukan penjual dengan kategori khusus seperti Lazmall atau super seller, yang bergabung sejak 24 April 2023 tidak akan dikenakan komisi selama 90 hari pertama sejak bergabung.
Berikut rincian biaya layanan yang harus dibayar penjual untuk berjualan di Lazada, yakni:
1. Seller biasa: biaya transaksi 1,83% dan biaya layanan.
Biaya layanan per kategori sebagai berikut:
- Kategori A 2,18%
- Kategori B dan C 1,38%
- Kategori D dan E 0,98%
2. Super seller: biaya transaksi 1,82%, biaya program super seller, dan biaya layanan.
Biaya layanan per kategori sebagai berikut:
- Kategori A 2,18%
- Kategori B dan C 1,38%
- Kategori D dan E 0,98%
3. Lazmall: biaya transaksi 1,82% dan biaya layanan.
Biaya layanan per kategori sebagai berikut:
- Kategori A 6,5%
- Kategori B dan C 4,5%
- Kategori D dan E 2,5%
Pengertian kategori produk di Lazada sebagai berikut:
- Kategori A: Audio, Koper & Tas Travel, Tas Pria, Tas Anak, Tas Wanita, Perawatan & Kecantikan, Perlengkapan Tidur, Aksesoris Kamera & Drone, Aksesoris Komputer, Aksesoris Handphone, Perlengkapan Rumah & Furniture, Perlengkapan Makan & Dapur, Kesehatan, Pakaian & Sepatu Pria, Pakaian & Sepatu Wanita, Olahraga & Outdoor, Smart Devices, Makanan & Minuman, Buku & Alat Tulis, Ibu & Anak, Aksesoris Fashion, Automotif
- Kategori B: Audio, Aksesoris Komputer, Gaming & Konsol, Smartwaches Aksesori
- Kategori C: Hobi & Permainan, Kesehatan, Perlengkapan Rumah, Ibu & Anak, Hewan Peliharan, Alat Tulis & Kerajinan
- Kategori D: Kamera & Drone, Komputer & Aksesoris, Aksesoris Lensa, Handphone & Aksesoris, Elektronik & Aksesoris, Automotif, Aksesoris Fashion
- Kategori E: Komputer & Aksesoris, Makanan & Minuman, Kesehatan, Ibu & Anak, Alat Tulis & Aksesoris
Shopee menaikkan biaya admin atau biaya layanan bagi penjual per 29 Desember 2022. Rincian besaran biaya admin Shopee kepada penjual sebagai berikut:
Kategori produk | Non Star | Star dan Star+ | Shopee Mall |
A | 4% | 4,7% | 4,7% |
B | 3,2% | 4% | 4% |
C | 3,2% | 4% | 4% |
D | 2,8% | 3,3% | 3,3% |
E | 2,8% | 3,3% | 3,3% |
Penjelasan mengenai kategori produk di Shopee sebagai berikut:
- Kategori Grup A: Fashion, Elektronik (Kelistrikan), Kebutuhan Sehari-hari, Aksesoris Handphone, Olahraga & Outdoor, Otomotif dan lainnya
- Kategori Grup B: Elektronik (Peralatan Elektronik, Media Player, Konsol Game, Kamera, Peralatan Komputer), Otomotif dan lainnya
- Kategori Grup C: Elektronik (Alat Elektronik Tambahan, Aksesoris Handphone), Barang Kebutuhan Sehari-hari (Kesehatan, Makanan & Minuman, Ibu & Bayi), Hewan Peliharaan, Hobi & Koleksi, Aksesoris Komputer, dan lainnya
- Kategori Grup D: Aksesoris Fashion (Logam Mulia & Perhiasan), Elektronik (Alat-alat Rumah Tangga, Handphone & Gadget, Kamera, dan Komputer), dan lainnya
- Kategori Grup E: Elektronik (Alat Elektronik lainnya dan Aksesoris Komputer), Barang Kebutuhan Sehari-hari (Makanan & Minuman lainnya dan Ibu & Bayi), dan lainnya
Biaya administrasi tidak akan dikenakan ke ongkir atau ongkos kirim, diskon produk dan/atau voucer yang ditanggung oleh penjual. Biaya ini dipotong secara otomatis melalui sistem Shopee saat dana hasil penjualan dilepaskan ke Saldo Penjual.
“Penjual bisa mengecek biaya administrasi di rincian pesanan dan penghasilan, baik melalui aplikasi atau pun Seller Centre,” kata Shopee.
Tokopedia resmi menaikkan biaya layanan bebas ongkir atau ongkos kirim ke penjual pada November. E-commerce ini kemudian menaikkan lagi biaya per 2 Januari.
“Biaya layanan bebas ongkir akan disesuaikan kembali berdasarkan keanggotaan toko seller yang menggunakan bebas ongkir,” kata Tokopedia melalui notifikasi kepada penjual pada Desember (12/12/2022).
Rincian dua kali perubahan biaya layanan bebas ongkir Tokopedia sebagai berikut:
Keanggotaan | 2 Januari 2023 |
Regular merchant | 4% |
Power merchant | 4% |
Power merchant pro | 4% |
Perbedaan dari ketiga keanggotaan tersebut ditentukan dari besaran penjualan per bulan. Statusnya juga dapat dilihat di masing-masing akun penjual.
Selain biaya layanan bebas ongkir, Tokopedia menaikkan biaya layanan atau potongan dari setiap produk terjual. Rincian kenaikannya sebagai berikut:
Kategori Grup | Power merchant dan Power merchant pro | Regular merchant(setelah transaksi ke 100) |
1 | 4,5% | 3,8% |
2 | 3,8% | 3% |
3 | 3,1% | 2,6% |
4 | 1,8% | 1,6% |
5 | 2% | 1% |
Penjelasan mengenai kategori grup sebagai berikut:
- Kategori grup 1: Buku, Dapur, Elektronik, Fashion Anak & Bayi, Fashion Muslim, Fashion Pria, Fashion Wanita, Handphone & Tablet, Ibu & Bayi, Kamera, Kecantikan, Mainan & Hobi, Makanan & Minuman, Office & Stationery, Olahraga, Otomotif, Perawatan Tubuh, Perlengkapan Pesta & Craft, Pertukangan, Produk Lainnya, Rumah Tangga, Tour & Travel, dan Wedding.
- Kategori grup 2: Dapur, Elektronik, Film & Musik, Gaming, Ibu & Bayi, Kamera, Kesehatan, Komputer & Laptop, Mainan & Hobi, Makanan & Minuman, Office & Stationery, Otomotif, Perawatan Hewan, Perlengkapan Pesta & Craft, dan Pertukangan.
- Kategori grup 3: Dapur, Elektronik, Fashion Anak & Bayi, Fashion Wanita, Gaming, Handphone & Tablet, Ibu & Bayi, Kamera, Kecantikan, Komputer & Laptop, Logam Mulia, Makanan & Minuman, Olahraga, Otomotif, Pertukangan, dan Properti.
- Kategori grup 4: Handphone & Tablet
- Kategori grup 5: Otomotif
Biaya layanan atau potongan yang diambil oleh Tokopedia dapat diketahui dari fitur Saldo Penghasilan di aplikasi Tokopedia Seller. Caranya, unduh Laporan dengan maksimal 90 hari.
Bukalapak
Bukalapak juga menyesuaikan biaya layanan untuk para penjual atau pelapak mulai 16 Januari.
Besaran biaya layanan Pelapak di Bukalapak sebagai berikut:
- Kategori Group A 2%
- Kategori Group B 1,5%
- Pelapak reguler (non super seller) 1%
Biaya layanan yang kami kenakan sudah termasuk Pajak Pertambahan Nilai (PPN).
Penjelasan mengenai kategori produk sebagai berikut:
- Kategori Grup A meliputi: Motor, Sepeda, Industrial, Rumah Tangga, Handphone, Elektronik, Komputer, Kamera, Fashion Anak, Fashion Pria, Fashion Wanita, Food, Hobi & Koleksi, Kesehatan, Logam Mulia, Olahraga, Perawatan & Kecantikan, Perawatan Rumah Tangga, Perlengkapan Bayi, Perlengkapan Kantor, Tiket & Voucer
- Kategori Grup B meliputi: Motor, Handphone, Elektronik, Komputer, Kamera