Perbandingan Transaksi Shopee, Tokopedia dengan Alfamart, Indomaret

Shopee, Tokopedia, Indomaret, Alfamart, Katadata/@DesySetyowati
Transaksi Shopee dkk dan Indomaret Cs
Penulis: Lenny Septiani
7/6/2023, 16.20 WIB

Transaksi e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak hingga Lazada diperkirakan US$ 84,2 miliar atau sekitar Rp 1.253 triliun tahun ini, berdasarkan data Ascential Edge. Sementara ritel offline seperti Alfamart dan Indomaret US$ 113,8 miliar atau setara Rp 1.691 triliun.

Penjualan atau transaksi e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak hingga Lazada diprediksi terus meningkat. Namun pertumbuhan transaksi per tahun diramal menurun.

Transaksi ritel offline seperti Alfamart dan Indomaret juga diramal terus naik. Namun pertumbuhan transaksi per tahun cenderung stagnan.

E-commerce akan tumbuh pesat selama beberapa tahun ke depan, meskipun kecil. Sementara itu, toko ritel bakal terus mendominasi,” demikian isi laporan perusahaan analisis tren bisnis WGSN bertajuk ‘Asia: Markets to Watch 2023’, Rabu (7/6).

Laporan itu juga menjelaskan alasan transaksi e-commerce dan ritel di Indonesia tinggi, yakni:

1. Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang stabil yakni 5,31% secara tahunan atau year on year (yoy) pada 2022. Rinciannya sebagai berikut:

“Meskipun pertumbuhan diperkirakan moderat hingga 5% pada 2023, Indonesia tetap menjadi salah satu negara dengan pertumbuhan tercepat di antara negara-negara G20,” demikian dikutip dari laporan, Rabu (7/6).

2. Penjualan ritel tumbuh 2,6% yoy pada Februari

3. Belanja konsumen akan didukung oleh subsidi pemerintah. Indonesia akan mengalihkan US$ 1,6 miliar subsidi bahan bakar untuk pengeluaran kesejahteraan masyarakat pada 2023

4. Sekitar 60% - 90% masyarakat Indonesia yang pernah berbelanja di e-commerce, berencana untuk terus berbelanja online meski status darurat Covid-19 berakhir

5. Indonesia memiliki basis pelanggan seluler terbesar ketiga di Asia

6. Konsumen milenial dan Gen Z sekitar 52% dari total penduduk 270 juta

“Populasi yang kuat, prioritas dan perilaku konsumsi yang dipimpin kaum muda akan mendorong tren ritel di tahun-tahun mendatang,” demikian dikutip.

Rincian data pendukung ekosistem ritel dan e-commerce di Indonesia dapat dilihat pada Bagan di bawah ini:

Data ekosistem e-commerce di Indonesia (Edge by Ascential, EIU, Statista)
Reporter: Lenny Septiani