Riset: Live Streaming Shopee Ungguli TikTok, Lazada, Tokopedia

Katadata/Desy Setyowati
Aplikasi TikTok dan Shopee
Penulis: Lenny Septiani
9/6/2023, 13.17 WIB

Live streaming Shopee menjadi yang paling sering digunakan ketimbang TikTok, Tokopedia, dan Lazada. Ini tertuang dalam laporan Populix bertajuk ‘Studi dan Analisis mengenai Ekosistem Belanja Online Melalui Live Streaming di Indonesia’.

“Shopee Live memimpin dalam segala aspek dasar,” kata Head of research populix Indah Tanip dalam acara Dialog Media: Perkembangan Terkini dalam Perilaku Berbelanja di Masyarakat  secara virtual, Jumat (9/6).

Laporan itu berdasarkan survei terhadap 506 orang di Jakarta, Bogor, Depok Tangerang, Bekasi (25%), Jawa selain Jabodetabek (50%), luar Pulau Jawa (25%) selama 12 – 23 Mei. Populasi laki-laki dan perempuan sama rata, dengan usia 17 – 45 tahun.

Indah mengatakan konvergensi e-commerce dan live streaming menciptakan pengalaman belanja baru bagi konsumen, yakni dengan menggabungkan hiburan dan kenyamanan.

“Selain menjadi saluran belanja live streaming yang paling diingat oleh konsumen, Shopee Live juga menjadi saluran belanja yang paling sering digunakan,” katanya. 

Berikut rincian platform belanja live streaming yang paling diingat oleh konsumen, yakni:

Halaman:
Reporter: Lenny Septiani