Transaksi Shopee hingga Lazada di Asia Tenggara Rp3.621 T saat Pandemi

Katadata/Desy Setyowati
Bukalapak, Lazada, TikTok, Tokopedia, Shopee
Penulis: Desy Setyowati
19/6/2023, 12.25 WIB

Nilai transaksi bruto atau GMV sembilan e-commerce teratas di Asia Tenggara termasuk Shopee dan Lazada mencapai US$ 241,4 miliar atau sekitar Rp 3.621 triliun selama 2020 – 2022 atau saat pandemi corona.

“GMV Shopee, Lazada, TikTok hingga Tokopedia itu tumbuh 1,8 kali lipat,” kata Momentum Works dalam laporannya, Senin (19/6). Rincian nilai transaksi per tahun sebagai berikut:

  • 2020: US$ 54,8 miliar
  • 2021: US$ 87,1 miliar
  • 2022: US$ 99,5 miliar

Indonesia menyumbang mayoritas nilai transaksi bruto e-commerce pada 2022, yakni 52% alias US$ 51,9 miliar.

Shopee memimpin dari sisi nilai transaksi di enam negara yakni Indonesia, Thailand, Singapura, Malaysia, Filipina, dan Vietnam. Rinciannya dapat dilihat pada Bagan di bawah ini:

GMV sembilan e-commerce di Asia Tenggara selama 2020 - 2022 (Momentum Works)



Nilai transaksi bruto e-commerce di Asia Tenggara, termasuk Shopee, Lazada, dan Tokopedia diperkirakan US$ 175 miliar pada 2028, dengan perhitungan skenario normal. GMV diproyeksikan mencapai US$232 miliar dengan perhitungan skenario terbaik, seperti pembatasan mobilitas saat pandemi corona.