TikTok Disebut Gaet Tokopedia Minggu Depan, Ini Dampak ke E-Commerce

Katadata/Desy Setyowati
Shopee, TikTok, Tokopedia, Lazada
Penulis: Desy Setyowati
5/12/2023, 14.26 WIB

TikTok Shop dikabarkan telah mencapai kesepakatan untuk berinvestasi di unit e-commerce GoTo Gojek Tokopedia. Bagaimana dampak kerja sama ini terhadap persaingan usaha?

“TikTok Shop setuju untuk bekerja sama dengan Tokopedia milik GoTo di beberapa wilayah, ketimbang bersaing langsung,” kata beberapa sumber Bloomberg yang mengetahui perjanjian tersebut, dikutip Selasa (5/12).

Jika itu terwujud, maka ini akan menjadi pelopor pola kerja sama e-commerce di Asia Tenggara.

“TikTok dan GoTo Gojek Tokopedia akan mengumumkan rincian kerja sama tersebut secepatnya pada minggu depan,” kata salah satu sumber.

Dampak TikTok Gaet GoTo ke Shopee hingga Lazada

Asisten Deputi Pembiayaan dan Investasi UKM Deputi Bidang UKM Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah alias Kemenkop UKM Temmy Satya Permana sempat menyampaikan, kemitraan TikTok dan Tokopedia tidak akan membuat persaingan menjadi buruk. Justru masyarakat memiliki preferensi yang beragam.

“Tidak ada masalah selama semua mengikuti aturan. Lalu hanya bagaimana masyarakat menilai tawaran mana yang lebih bagus dan pelayanan lebih baik. Kami tidak bisa melarang TikTok ingin bermitra dengan siapapun, sepanjang mematuhi aturan,” ujar Temmy dalam Diskusi Media UMKM Naik Kelas Menuju Indonesia Emas di Kantor Kemenkop UKM, Jakarta, pada November (17/11).

Katadata.co.id mengonfirmasi kepada Komisi Pengawas Persaingan Usaha atau KPPU tentang dampak kerja sama TikTok dan Tokopedia terhadap persaingan bisnis di sektor e-commerce. Namun Direktur Utama KPPU Mulyawan Ranamenggala belum bisa memberikan tanggapan.

“Saya belum bisa berkomentar mengenai rencana aliansi TikTok dengan e-commerce di Indonesia, karena belum mendapatkan data atau informasi mengenai hal ini,” kata Mulyawan  kepada Katadata.co.id, Jumat (17/11).

Sementara itu, Direktur Ekonomi Digital dan Ekonom CELIOS Nailul Huda menilai, kerja sama TikTok dengan e-commerce bisa menguntungkan kedua pihak. “E-commerce dapat memanfaatkan ekosistem TikTok untuk menjaring lebih banyak pembeli maupun penjual," katanya kepada Katadata.co.id, Kamis (16/11).

Sementara itu, TikTok bisa mempermudah pengguna bertransaksi. "Namun sangat disayangkan sebenarnya jika mereka bekerja sama, alih-alih membuka e-commerce sendiri," katanya.

Alasannya, ekosistem yang dibentuk oleh TikTok memiliki nilai ekonomi yang sangat besar. "Jika mereka punya layanan e-commerce sendiri, saya rasa akan tren lagi,” ujar dia.

Reporter: Lenny Septiani