Resmi Gabung, TikTok dan Tokopedia Beri Pesan ke Pedagang

123RF.com/Alexey Malkin
Ilustrasi aplikasi video musik pendek TikTok
Penulis: Lenny Septiani
11/12/2023, 13.03 WIB

TikTok resmi mengakuisisi saham Tokopedia dari GoTo. Kedua perusahaan pun memberikan pesan kepada para pedagang.

“Hari ini, dengan senang hati kami mengumumkan kemitraan strategis antara TikTok dan GoTo dalam rangka mendorong pertumbuhan UMKM di Indonesia secara keseluruhan,” kata TikTok Shop kepada para penjual melalui email, Senin (11/12).

TikTok dan Tokopedia pun bakal menggelar kampanye diskon 12.12 yang berfokus pada produk asal Indonesia.

Sementara itu, pedagang bisa mengelola toko dan produk mulai hari ini (11/12) pukul 09.00 WIB.

“Ke depan, kami bekerja sama dengan Tokopedia untuk secara aktif mendukung pertumbuhan ekonomi digital dengan memberdayakan UMKM Indonesia,” kata TikTok.

Tokopedia juga memberikan pesan kepada para penjual melalui email. “Sejak awal berdiri, Tokopedia terus berupaya menciptakan ekosistem di mana semua orang dapat memulai dan menemukan apapun,” ujar Tokopedia.

“Hal ini salah satunya diwujudkan melalui kolaborasi dengan berbagai mitra strategis dan bekerja sama untuk mencapai misi Tokopedia dalam mewujudkan pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia,” Tokopedia menambahkan.

Beberapa inisiatif TikTok dan Tokopedia dalam mendorong bisnis UMKM di antaranya:

  • Mempromosikan produk lokal yang tersedia pada platform Tokopedia dan TikTok
  • Membantu mitra penjual meningkatkan kemampuan berjualan online
  • Memastikan adanya persaingan sehat bagi seluruh penjual

“Sebagai informasi bagi mitra penjual Tokopedia, seluruh aktivitas dan transaksi jual beli mitra penjual pada platform akan tetap berjalan seperti biasa,” kata Tokopedia.

TikTok akan menginvestasikan lebih dari US$ 1,5 miliar atau sekitar Rp 22,5 triliun ke Tokopedia. Ini sebagai komitmen jangka panjang untuk mendukung operasional Tokopedia, tanpa dilusi lebih lanjut pada kepemilikan GoTo di Tokopedia.

“TikTok akan memiliki pengendalian atas PT Tokopedia. Fitur layanan belanja dalam aplikasi TikTok di Indonesia akan dioperasikan dan dikelola oleh PT Tokopedia,” demikian dikutip dari keterangan pers, Senin (11/12).

Kemitraan strategis TikTok dan GoTo Gojek Tokopedia akan diawali dengan periode uji coba yang dilaksanakan dengan konsultasi dan pengawasan dari kementerian serta lembaga terkait. 

Program yang akan diluncurkan di masa uji coba ini adalah kampanye Beli Lokal dimulai pada 12 Desember, bertepatan dengan Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas. 

Hadir di aplikasi Tokopedia dan TikTok, kampanye Beli Lokal akan mempromosikan berbagai jenis merchant, dengan fokus utama produk asal Indonesia. Program Beli Lokal di aplikasi TikTok memungkinkan para pengguna TikTok berbelanja dan berinteraksi dengan produk lokal favorit.

Reporter: Lenny Septiani