Belum lama ini, Shopee menghadirkan program teranyar untuk para penggunanya yaitu Garansi Bebas Pengembalian. Ini merupakan program yang memungkinkan pembeli untuk mengembalikan barang ke penjual dengan alasan berubah pikiran.
Program tersebut berlaku untuk barang-barang di Shopee yang memiliki label “Bebas Pengembalian”. Selanjutnya, pembeli bisa mengajukan pengembalian barang dengan mudah jika berubah pikiran.
Kehadiran program Garansi Bebas Pengembalian menuai beragam pro kontra dari para penjual di Shopee. Ada penjual yang antusias dengan program terbaru Shopee ini. Ada juga yang merasa cemas, mereka khawatir usahanya justru merugi.
Penjual yang menyambut alias pro karena menilai program ini bisa meningkatkan peluang untuk menarik hati lebih banyak pembeli. Selain itu, penjual juga merasa Garansi Bebas Pengembalian di Shopee ini karena bisa meningkatkan kepercayaan pembeli.
Sementara itu, penjual yang kontra terhadap Garansi Bebas Pengembalian lantaran merasa program ini menjadi tantangan bagi mereka. Pasalnya, penjual khawatir akan dikenakan biaya tambahan yang dibebankan kepada mereka terkait pengembalian barang/dana.
Ada pula penjual yang was-was jika terjadi kecurangan dari pembeli yang menyebabkan kerugian terhadap seller.
Respons kecemasan yang dirasakan oleh para penjual tersebut adalah hal wajar terutama ketika belum memahami fakta lebih detailnya.
Lalu, sebenarnya Garansi Bebas Pengembalian di Shopee membuat penjual untung atau buntung sih?
Biar tidak salah kaprah, sebaiknya kita pahami lebih detail tentang program terbaru di Shopee yaitu Garansi Bebas Pengembalian.
4 Fakta Garansi Bebas Pengembalian di Shopee
Penjual tidak dikenakan biaya ongkir pengembalian barang dengan alasan khusus “Berubah Pikiran”
Para penjual tidak perlu menanggung biaya ongkos kirim pengembalian barang dari pembeli dengan alasan khusus “Berubah Pikiran” dalam program Shopee Garansi Bebas Pengembalian. Apabila ada penjual yang dibebankan ongkos kirim untuk pengembalian barang dengan alasan “Berubah Pikiran” pada program Garansi Bebas Pengembalian, maka Shopee akan mengembalikan dana ongkos kirim dalam 1-3 hari ke saldo penjual tanpa perlu melakukan permintaan apapun.
Mulai awal April 2024, ongkos kirim pengembalian barang dengan alasan khusus “Berubah Pikiran” secara otomatis tidak akan ditagihkan kepada penjual. Jadi, para penjual tidak perlu mengkhawatirkan adanya biaya ongkir yang dibebankan kepada penjual untuk pengembalian barang/dana dengan alasan khusus “Berubah Pikiran” di program Shopee Garansi Bebas Pengembalian ini.
Pembeli bisa mengajukan pengembalian untuk sebagian jumlah barang yang ingin dikembalikan saja, tidak perlu mengembalikan keseluruhan pesanan
Di dalam program Garansi Bebas Pengembalian, pembeli tidak perlu lagi mengembalikan seluruh barang yang diterima. Pembeli bisa mengajukan pengembalian barang/dana untuk sebagian barang yang ingin dikembalikan saja ke penjual, walaupun barang-barang tersebut datang dari satu pesanan yang sama.
Jadi, produk yang tidak diajukan dalam pengembalian barang atau dana akan tetap terjual. Dengan ini, proses pengembalian barang ke penjual menjadi lebih efisien dan efektif.
Program ini hanya bisa digunakan oleh pembeli yang memenuhi syarat dan ketentuan
Untuk meminimalisir terjadinya kecurangan dan penyalahgunaan pembeli yang mengakibatkan kerugian terhadap penjual, Shopee melakukan penilaian performa setiap akun pembeli secara berkelanjutan melalui sistem internal.
Jadi, hanya pembeli yang memenuhi syarat dan ketentuan sajalah yang bisa mendapatkan keuntungan dari program teranyar Shopee Garansi Bebas Pengembalian ini. Jika ada pembeli yang teridentifikasi pernah melakukan penyalahgunaan atau tidak memenuhi syarat program Garansi Bebas Pengembalian, maka akun pembeli tersebut akan diblokir oleh Shopee.
Dengan demikian, penjual akan terhindar dari pembeli yang terindikasi dan terbukti menyalahgunakan program Garansi Bebas Pengembalian.
Penjual dapat melakukan banding jika menemukan pengembalian barang dari pembeli yang tidak sesuai syarat dan ketentuan
Di dalam program Garansi Bebas Pengembalian di Shopee, para penjual juga mempunyai wewenang untuk mengajukan banding walaupun sudah ada keputusan agen Shopee, setelah menerima pengembalian produk dari pembeli jika menemukan pengembalian barang yang tidak sesuai syarat dan ketentuan. Pembeli juga diwajibkan melakukan pengemasan pengiriman pengembalian barang yang benar dan aman.
Apabila penjual menghadapi kendala ketika melakukan banding maka penjual bisa langsung menghubungi customer service Shopee. Apabila penjual yang terbukti benar dan memenangkan banding maka penjual mendapatkan hasil penjualan.
Itulah beberapa hal penting yang harus diketahui para penjual dalam program Garansi Bebas Pengembalian di Shopee. Penting bagi para penjual untuk memahami fakta-fakta di atas untuk bisa memanfaatkan program Garansi Bebas Pengembalian di Shopee.