Shopee mencatat transaksi melalui Shopee Live naik 44 kali lipat saat sahur. Produk yang paling laris yaitu sarung, cepol hijab, hingga biskuit kaleng.
Director of Marketing Growth Shopee Indonesia Monica Vionna mengatakan tahun ini Shopee melihat tren menarik pada kedua puncak kampanye Big Ramadan Sale 2024 yang digelar pada tanggal 25 Maret dan 1 April. Trennya yaitu pengguna antusias dalam memanfaatkan fitur interaktif melalui Shopee Live di waktu sahur.
“Hal ini terlihat dari transaksi melalui Shopee Live di waktu sahur yang meningkat hingga 44 kali lipat pada puncak kampanye dibandingkan dengan waktu yang sama di hari biasa,” kata Monica melalui keterangan pers, Rabu (3/4).
Monica mengatakan, fitur interaktif Shopee Live hingga Shopee Video masih menjadi daya tarik utama dalam perjalanan belanja online pengguna pada Ramadan tahun ini. “Kami senang sekali melihat berbagai bentuk antusiasme pengguna pada kampanye Shopee Big Ramadan Sale,” ujar dia.
Antusiasme itu terlihat dari animo tinggi para pembeli memanfaatkan promo dan menikmati keseruan Flash Sale pada jam-jam tertentu. Selain itu, animo tinggi dipengaruhi adanya kolaborasi antara para pelaku usaha dalam mengoptimalkan fitur dan program untuk menciptakan pengaruh signifikan selama kampanye Big Ramadan Sale berlangsung.
Shopee mencatat adanya peningkatan produk yang dipromosikan melalui Shopee Live lebih dari lima kali lipat di sepanjang kampanye dibandingkan tahun lalu.
Salah satunya, merek fesyen lokal bernama M231 mencatatkan peningkatan transaksi di Shopee Live hingga 40 kali lipat pada puncak kampanye dibandingkan dengan hari biasa. Hal itu terutama untuk penjualan koleksi kolaborasi Ramadan terbaru mereka.
Dengan promo dan fitur interaktif yang dihadirkan Shopee di kampanye Big Ramadan Sale, menurutnya, masyarakat memanfaatkan keuntungan ini dalam menciptakan momen Ramadan. Hal ini sesuai dengan data Shopee yang mencatat bahwa pengguna menghabiskan 68 juta jam untuk menonton rangkaian tayangan di Shopee Live sepanjang periode kampanye berlangsung.
“Tidak hanya melalui sesi interaktif di Shopee Live, namun konten menarik dari penjual di Shopee Video juga diminati oleh para pengguna,” kata Monica.
Hal ini terlihat dari pesanan yang didapatkan penjual melalui Shopee Video meningkat 40 kali lipat pada puncak kampanye dibandingkan tahun sebelumnya.
Monica menegaskan bahwa pencapaian luar biasa ini tak terlepas dari dukungan dan sinergi dari seluruh ekosistem Shopee yang terus berinovasi menciptakan dampak positif yang luas.
Shopee Big Ramadan Sale 2024 dalam menyambut Hari Kemenangan akan berlangsung hingga 11 April. Ini untuk membantu pengguna yang masih memiliki kebutuhan yang belum terpenuhi dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri.
Sementara itu, hari puncak kampanye Big Ramadan Sale 2024 juga masih akan berlangsung kembali di tanggal 4 April 2024. Adapun, promo yang ditawarkan Shopee seperti:
- Shopee barokah THR 10M
- Gratis ongkir Rp 0
- Termurah di Shopee Ekstra Voucher 50%
Monica mengatakan, pengguna dapat meningkatkan pengalaman belanja online dengan memanfaatkan fitur Shopee lainnya. Mulai dari Shopee Live, Shopee Video, hingga Shopee Games untuk mengisi waktu luang saat berpuasa.
Ia menyampaikan, inovasi dan fitur yang dihadirkan ini mendapatkan respon dan turut dimanfaatkan oleh pengguna untuk semakin memaksimalkan dan meramaikan momen belanja, diantaranya:
- Kemeriahan rangkaian sesi flash sale di Shopee Live bersama deretan artis ternama pada puncak kampanye Big Ramadan Sale ikut ditonton sebanyak 228 juta kali.
- Shopee Tanam Hujan Rezeki mencatat lebih dari 31 juta pohon THR dipanen oleh pengguna. Shopee Tanam merupakan in-app game yang memberikan hadiah berupa Koin Shopee dan Voucher Diskon untuk pengguna berbelanja.