Kini Bisa Beli Makanan, Minuman, Pesan Hotel di TikTok, Dapat Diskon

TikTok @toricis, TikTok @andryasputra, Katadata/Desy Setyowati
Pesan makanan dan minuman via TikTok
Penulis: Lenny Septiani
18/7/2024, 11.30 WIB

Kini pengguna TikTok bisa memesan makanan dan minuman hingga memesan hotel via aplikasi.

“Cara dapat cuan nongkrong di Kopi Kenangan. Kalian wajib tahu ini,” kata pengguna TikTok dengan nama pengguna @toricis dalam video yang diunggah pada Mei, dikutip Kamis (!8/7).

Ia mengatakan Kopi Kenangan memberikan promo yang hanya bisa didapatkan lewat TikTok. “Cuma dengan Rp 19 ribu, kalian bisa mendapatkan sembilan voucer dengan total diskon sampai Rp 180 ribu. Jadi beli Kopi Kenangan bisa lebih untung,” katanya.

Voucer Kopi Kenangan Rp 19 ribu tersebut menawarkan masing-masing tiga voucer diskon Rp 10 ribu tanpa minimal pembelian, diskn 20% sampai Rp 10 ribu, dan 35% sampai Rp 45 ribu khusus pesan-antar.

Kreator TikTok @andryasputra juga mengatakan, ada kampanye TikTok Petualang yang mengajak pengguna membuat konten terkait minuman dingin seperti Kopi Kenangan dengan menautkan lokasi merchant. Tag lokasi ini akan menampilkan voucer promo.

"Sebanyak 20 kreator yang menautkan voucer dan paling banyak dibeli setiap minggu, akan mendapatkan Rp 100 Grab voucer," demikian dikutip dari video Andryas yang diunggah pada Juni (10/6).

Katadata.co.id menghubungi TikTok terkait pemberian promo ini, namun belum ada tanggapan.

Sebelumnya, TikTok dikabarkan merambah bisnis pesan-antar makanan seperti GrabFood milik Grab dan GoFood Gojek. Layanan ini disebut-sebut akan tersedia di Asia Tenggara.

“Di Asia Tenggara, TikTok berencana bekerja sama dengan operator mapan untuk layanan lokal on-demand seperti pesan-antar makanan,” kata sumber yang berbasis di Indonesia dikutip dari South China Morning Post, akhir pekan lalu (12/7).

Sumber tersebut tidak memerinci operator taksi dan ojek online alias ojol yang akan diajak bekerja sama oleh TikTok.

Selain itu, TikTok dikabarkan akan merambah bisnis pariwisata digital atau online travel agent (OTA) di Indonesia dan Thailand. Perusahaan asal Cina ini akan bersaing dengan Traveloka dan Tiket.com.

Hal itu diketahui dari laporan media lokal Cina 36Kr. Para pemilik restoran dan pedagang di Thailand dan Indonesia diarahkan untuk bergabung ke fitur ‘layanan lokal TikTok’.

Berdasarkan pantauan Katadata.co.id, pengguna TikTok kini bisa memesan akomodasi hotel lewat aplikasi video tersebut. Pesanan hotel lewat aplikasi TikTok terintegrasi dengan Agoda.

Selain itu, pada situs rekrutmen resmi TikTok, terdapat hampir 30 lowongan terkait bisnis layanan lokal di Singapura, Jakarta, dan Bangkok.

Reporter: Lenny Septiani